Kodim 0206/Dairi Gelar Sosialisasi Rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) Secara Virtual.

Dairi—– Kodim 0206/Dairi menggelar kegiatan sosialisasi Rekrutmen personel Komando Cadangan Matra Darat, Laut, Udara tahun 2023 secara virtual dengan Narasumber dari Kementerian Pertahanan RI Direktur Sumberdaya Pertahanan, Ditjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, di aula Makodim 0206/Dairi Jalan Sisingamangaraja Sidikalang Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, Jum’at, (20/01-2023)

Hadir pada kegiatan yaitu Dandim 0206/Dauri Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan, S.I.P. Perwakilan Kesbangpol Kabupaten Dairi antonius Surbakti, perwakilan Kesbangpol Kabupaten Pakpak Bharat Sanggam Manurung, Perwakilan Dukcapil Kabupaten Pakpak Bharat Dody Simanjuntak, Perwakilan Kasatpol PP kabupaten Dairi, Perwakilan Kasatpol PP kabupaten Pakpak Bharat, perwakilan Ka Kwarcab Pramuka kabupaten Dairi, perwakilan Ka Kwarcab Pramuka kabupaten Pakpak Bharat, perwakilan BUMD dan BUMN Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan, S.I.P. mengatakan sosialisasi Komponen Cadangan ini bukan merupakan untuk mencari pekerjaan, tetapi Negara membekali warga untuk bela negara. dalam hal ini Komcad dikelompokkan menjadi 3 Matra yaitu Matra Darat, Matra Laut dan Matra udara untuk dipilih oleh warga.

“Kegiatan sosialisasi rekrutmen personel Komando Cadangan ini adalah untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama,” kata Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan, S.I.P

Untuk tahapan mulai dari pendaftaran, sosialisasi, pengumuman, pelamaran (online/offline), seleksi administrasi (online/offline), seleksi dan kompetisi. Bagi yang lulus maka akan dilaksanakan Latsarmil selama 3 bulan dan usianya minimal 18 sampai dengan 35 tahun.

“Kemampuan dasar militer sama persis seperti TNI apabila nanti perang sudah siap. Latsarmil di Lemdik kesatuan TNI AD, AL dan AU. Dan yang berhak mengerahkan Komcad adalah Bapak Presiden atas persetujuan DPR,” pungkas Dandim

Hak Calon Komcad adalah uang saku selama pelatihan, kaporlap, Rawatan kesehatan, perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian (pasal 56 ayat 1 PP RI no b3 tahun 2021). Status Komcad bagi mahasiswa adalah selama menjalani Latsarmil tetap mendapatkan hak akademisnya dan tidak menyebabkan kehilangan status sebagai peserta didik.

“Personil Komcad adalah sistem pertahanan keamanan rakyat semesta UU Nomer 3/ 2022 yang melibatkan seluruh warga Negara Indonesia,” ujar Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan, S.I.P. (Pendim Dairi)