Kodim 0207/Simalungun Peringati ISRA MI’RAJ Nabi Muhammad SAW  1445H TA. 2024

Simalungun  |  Kodim 0207/Simalungun memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2024 M diikuti oleh Prajurit dan PNS dengan mengangkat Tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Isra Mikraj dan Pengamalan Ibadah di tengah Terpaan Digitalisasi”, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Aula Koramil 08/Bangun Jalan Asahan Km 5 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Jumat (08/03/2024).

Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Slamet Faujan, M.Han., mengajak seluruh Prajurit dan PNS bahwa dalam peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW harus dapat dijadikan sebagai momentum untuk memotivasi diri guna meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT.

Selain bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa keluarga besar Kodim 0207/Simalungun, kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj ini juga sebagai pencerahan jiwa dan introspeksi diri untuk mengaktualisasikan nilai-nilai agama, terutama menteladani Nabi Muhammad SAW untuk menata kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih baik lagi. “Dengan demikian kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat lebih baik menjalankan perintahnya sekaligus dapat menjauhi segala larangan-larangannya, serta jadikan peringatan Isra Mi’raj sebagai sumber inspirasi dalam menyongsong tugas-tugas mendatang”, tutur Letkol Inf Slamet Faujan.

Beliau menambahkan, keutamaan Isra Mi’raj adalah untuk meningkatkan jiwa spiritual dengan kebesaran-kebesaran Allah yang telah tercantum dalam Al-Qur’an. Amalan utama pada hari Isra Mi’raj adalah salat, selawat, dan amalan baik lainnya yang memberi hikmah untuk taat kepada perintah Allah. Tidak ada tata cara dan ketentuan khusus mengenai hukum memperingati Isra Mi’raj. Isra Mi’raj sendiri dapat diperingati kapan saja, namun akan lebih baik lagi jika diperingati di Bulan Rajab karena Isra Mi’raj juga biasa disebut dengan Rajaban, yaitu tradisi yang digelar di berbagai daerah untuk memperingati Isra Mi’raj, tutup Dandim.

Kegiatan memperingati ISRA MI’RAJ Nabi Muhammad  SAW 1445 H/2024 M tersebut turut serta dihadiri oleh, Dandim 0207/SML Letkol Inf. Slamet.Faujan, M.Han., Pasipers Kodim 0207/SML Kapten Inf Rudianto, Danramil 07/BM kapten Inf Prawoto, Danramil 09/TB Kapten Inf Muliono, Danramil 05/Sbl Lettu CHB Khairul Anwar Simatupang, Danramil 04/SB Kapten Arm Saragih, Pasilog Dim 0207/SMl Lettu inf S Siregar, Danramil 15/SP Letda Inf Rahmad Hariadi, Pasandi Dim 0207/SML Letda Inf Edi Susanto dan Ustat Muhammad Idris.