Kodim 0416/Bute Terlibat Aktif dalam Mengevakuasi dan Membantu Korban Banjir di Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo

Jambi – TNI Khususnya Kodim 0416/Bute memberikan peran krusial dalam upaya penanganan dan bantuan bencana banjir yang melanda Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo pada akhir bulan Desember 2023 dan bulan Januari 2024. Dalam operasi kemanusiaan yang dilakukan, Kodim 0416/Bute fokus pada evakuasi korban banjir, terutama kelompok lansia, serta mendirikan dapur umum untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang terdampak.

Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arief Widyanto, S.E., M.Han menjelaskan, “Kami merasa terpanggil untuk memberikan bantuan secepat mungkin kepada masyarakat yang terkena dampak banjir ini. Dalam beberapa pekan terakhir, kami telah bekerja keras untuk melakukan evakuasi, khususnya lansia yang merupakan kelompok rentan dalam situasi bencana seperti ini”.

Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arief Widyanto menegaskan bahwa TNI akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan pihak terkait dalam upaya pemulihan. “Kami akan terus hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan dukungan dan bantuan selama proses pemulihan pascabanjir. Semua upaya ini kami lakukan dengan tulus untuk membantu masyarakat dalam mengatasi krisis ini,” katanya.

Anggota Kodim 0416/Bute khususnya Babinsa telah terlibat secara aktif dalam proses evakuasi, menyelamatkan dan membawa warga yang terdampak menuju tempat yang lebih aman. Langkah ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan khususnya bagi lansia yang membutuhkan perhatian ekstra.

Selain itu, Kodim 0416/Bute juga mendirikan dapur umum untuk menyediakan makanan bagi warga yang terisolasi akibat banjir. Dapur umum ini menjadi tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan pangan secara langsung. Personel TNI secara rutin menyalurkan bantuan tersebut langsung ke rumah-rumah korban banjir, memastikan bahwa bantuan mencapai mereka yang membutuhkan.

Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh Kodim 0416/Bute. “Kehadiran dan keterlibatan TNI dalam penanganan bencana banjir ini sangat membantu. Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara TNI dan pemerintah daerah dalam memberikan bantuan dan kenyamanan kepada masyarakat yang terdampak,” ujarnya. (Pen Kodim 0416/Bute)