Kodim 0709/Kebumen Gelar Rapat Anggota Tahunan Primer Koperasi Kartika

OKEBUNG | Kodim 0709/Kebumen menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan Primer Koperasi (RAT PRIMKOP) Kartika B-06 tutup buku tahun 2022.

RAT tutup buku 2022 ini mengusung tema “Kita mantapkan penataan koperasi yang sehat usaha, organisasi dan keuangan secara terpadu menuju koperasi mandiri, maju dan profesional”.

Kegiatan RAT bertempat di Ruangan Nabatiyasa 1 Hotel Mexolie, Jalan Stasiun, Panjer, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (24/1/2023).

Kapuskop Kodam IV/Diponegoro yang dibacakan Staf Ahli Bidang IPTEK dan LH Kolonel Arm Mawardi, SAP menyatakan bahwa berdasarkan Surat Telegram Kasad Nomor ST. 1158/2022, 18 Mei 2022 untuk mengaktifkan kembali kegiatan koperasi di lingkungan Angkatan Darat.

Terkait hal itu, atas nama pribadi sekaligus sebagai ketua umum Puskop Kartika Diponegoro, dirinya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus Primer Koperasi Kartika 06 Kebumen atas terselenggaranya secara teratur dan tepat waktu bersinergi bersama mewujudkan koperasi yang jujur dan bertanggung jawab.

Pelaksanaan RAT bagi koperasi merupakan hal yang mutlak dan harus dilaksanakan karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. Selain itu, RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang terus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan sebagai institusi mengambil keputusan tertinggi.

“Dalam koperasi, RAT mensyaratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya,” katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri, SIP menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapuskop Kodam IV/Dip yang diwakili Staf Ahli Bidang IPTEK dan LH Kolonel Arm Mawardi, SAP di Kodim 0709/Kebumen.

Mengenai pelaksanaan RAT ini, Dandim Kebumen berharap ada arahan dan bimbingan dalam rangka mendukung kemajuan Koperasi Kodim 0709/Kebumen.

Hal itu dimaksudkan oleh Dandim Kebumen tak lain agar Koperasi 0709/Kebumen ini bisa meningkatkan kesejahteraan anggota.

“Kepada seluruh anggota agar menyimak segala yang disampaikan pada saat RAT. Saran masukan dipersilakan selama untuk meningkatkan kemajuan Koperasi Kodim 0709/Kebumen,” kata Dandim.

Dijelaskan oleh Dandim, inovasi yang dibuat oleh Primkopad Kartika B-06 beserta pengurus yaitu 11 ruko di Selogiri. Ruko ini untuk peningkatan aset kepada koperasi dan didirikan oleh pimpinan Primkopad yang diberikan dari hasil SHU koperasi.

Kemudian disampaikan juga oleh Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dikopinda) hal ini juga menjadi suatu kesepakatan di RAT ini dan juga penyampaian tentang pembuatan Primkopad menjadi Supermarket.

“Tentunya ada bidang-bidang atau bagian-bagian yang tidak mau menetapkan keterangan dikarenakan adalah situasional atau memang kita tidak bisa mencapai ke situ salah satunya adalah Pertasop, karena kebijakan dari pemerintah secara detailnya menjadi kebaikan kita bersama,“ tutup Dandim. (Pendim0709/Muiz)