Kodim 1615/Lotim Siap Bersinergi Amankan Pemilu 2024

Kodam 9 Udayana298 Dilihat

Lombok Timur – Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro pimpin langsung gelar pasukan pengamanan Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 di Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong Lombok Timur, Kamis (1/2/2024).

Apel gelar pasukan dilakukan secara serentak di seluruh jajaran TNI itu dalam rangka mengecek dan memastikan kesiapan seluruh personel dan material yang akan digunakan untuk pengamanan Pileg maupun Pilpres pada 14 Pebruari mendatang.

Dihadapan peserta apel gelar pasukan tersebut, Dandim 1615/Lotim membacakan amanat Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Harfendi. Usai memimpin apel gelar pasukan, Dandim 1615/Lotim mengatakan dalam waktu dekat seluruh rakyat Indenesia akan menggelar pesta demokrasi tahun 2024 yaitu memilih Presiden dan Wakil Presiden dan memilih wakil-wakilnya yang akan duduk di lembaga Legislatif.

Kesuksesan penyelenggaraan Pemilu mutlak menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa khususnya TNI sebagai aparat negara sehingga adanya jaminan Pemilu berjalan dengan aman, damai dan lancar harus dapat terimplementasikan secara nyata di lapangan.

Pemilu bukan sekedar edukasi demokrasi, tetapi juga merupakan sarana integrasi bangsa yang harus dikawal penyelenggaraannya sebagai perekat persatuan karena sifatnya yang strategis bagi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Bayu Sigit mengatakan pihaknya menyiapkan seluruh personel Kodim dan jajaranya untuk memback up Kepolisian dalam pengamanan Pemilu mulai dari awal hingga penetapan dan pelantikan peserta pemenang Pemilu baik Legislatif maupun Presiden dan Wakil Presiden.

“Kami akan siapkan 1 peleton personel khusus stand bye di Makodim yang dilengkapi dengan peralatan yang akan digunakan dan siap dioperasionalkan sewaktu-waktu dibutuhkan,” bebernya.

Namun Dandim 1615/Lotim juga tetap berharap dan mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu 2024 sampai selesai.

“Mari kita jaga wilayah kita agar tetap aman, damai dan kondusif selama proses Pemilu berlangsung mulai dari lingkungan tempat tinggal hingga lingkungan lebih luas yakni desa, kecamatan hingga kabupaten. Mari kita bersinergi untuk bersama-sama menjaganya,” ajak Bayu Sigit.

Selain itu, mantan Danyonif 742/SWY itu juga menegaskan Netralitas TNI menjadi terdepan dan akan tetap berlaku bagi seluruh Prajurit TNI dimana pun bertugas dan tidak bisa ditawar-tawar karena ada sanksi tegas bagi Prajurit yang melakukan pelanggaran.

Seusai melaksanakan apel gelar pasukan, acara dilanjutkan dengan video conference (Vicon) dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.