Kolonel Laut (P) Ma’arif Resmi Jabat Direktur Personel Puspenerbal

TNI AL407 Dilihat

TNl AL-Puspenerbal (10/1/2024).
Kolonel Laut (P) Ma’arif resmi menjabat Direktur Personel Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Dirpers Puspenerbal) menggantikan Kolonel Laut (KH) Zainul dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin Komandan Puspenerbal, Laksda TNl Sisyani Jaffar, Rabu (10/1/2024).

Prosesi Sertijab yang digelar di Auditorium Fasharkan Puspenerbal, Lanudal Juanda ini, dihadiri Wadan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana, Irpuspenerbal, Dirrenbang, Dirops, Dirlog, Dirpers, Dirlambangja, Danwing Udara 1, Danlanudal Juanda dan perwira staf dijajaran Puspenerbal lainnya.

Kolonel Laut (P) Maarif, sebelum menjabat Dirpers, Ia menjabat sebagai Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal, sementara itu Kolonel Laut (KH) Zainul mendapat pos baru sebagai tenaga pendidik (Gadik) di Kodiklatal.

Komandan Puspenerbal dalam amanatnya mengatakan bahwa Sertijab merupakan siklus penugasan personel dalam rangka memberi kesempatan dan peluang kepada personel terpilih untuk dapat lebih mengembangkan kemampuan profesi dan kepemimpinan.

Dengan Sertijab ini, diharapkan akan terjadi kaderisasi dan kesinambungan kepemimpinan guna memantapkan manajemen organisasi agar menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsif dan antisipasif dalam menghadapi dinamika dan tantangan tugas kedepan yang menjadi tanggung jawabnya.

Menurut Danpuspenerbal, Direktorat Personel bertugas melaksanakan pembinaan personel berpedoman pada kebijakan TNl AL, yaitu minimum essential force (MEF) dan zero growth, meningkatkan profesionalisme personel melalui pendidikan dan latihan.

Kemudian meningkatkan pembinaan karier personel yang disesuaikan dengan job grading nivellering dengan memperhatikan pendidikan, penugasan, dan kepangkatan serta perawatan personel berupa perumahan, kesehatan, pembinaan jasmani dan rohani serta pembinaan kesejahteraan.

Direktorat personel sebagai unsur pembantu pimpinan lanjutnya, mempunyai tugas, tanggung jawab yang besar dalam lingkup merumuskan dan mengembangkan kebijakan pimpinan di bidang pembinaan personel penerbangan TNl AL.

“Maka Sertijab ini di samping sebagai perwujudan, kehormatan dan kepercayaan yang diberikan pemimpin TNl AL hendaknya sekaligus dilihat sebagai tantangan tugas yang mulia bagi pejabat yang baru dilantik, sehingga pencapaian tujuan yang telah direncanakan akan semakin optimal,” tegasnya.

Danpuspenerbal juga menegaskan komitmennya untuk melaksanakan visi dan misi Penerbangan TNl AL yaitu mewujudkan keunggulan udara maritim dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNl AL.

Namun la juga mengakui bahwa hasil kinerja yang diperoleh selama ini, pada dasarnya belum optimal sesuai tuntutan tugas yang diemban. Oleh karena itu, Dirpers untuk segera melakukan pembenahan dan pembinaan personel khususnya kualifikasi profesi penerbang, teknik pesawat udara, ATC secara kuantitas maupun kualitasnya.

“Direktorat Personel harus memiliki kemampuan dalam menganalisa secara akademis di bidang pengembangan profesi penerbangan melalui pendidikan, kursus, pelatihan yang terukur dan berlisensi melalui kerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi penerbangan baik di dalam maupun di luar negeri,” pintanya.

Dibagian akhir, Danpuspenerbal mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Zainul yang telah memberikan yang terbaik selama menjalankan tugas sebagai Dirpers Puspenerbal, dan selamat bertugas kepada Kolonel Maarif, semoga amanah dapat melahirkan gagasan dan pemikiran yang inovatif, kreatif, dan produktif dalam rangka meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsinya masing-masing dengan baik.