Komandan Brigif 2 Marinir Hadiri Upacara Pelantikan dan Penyumpahan Siswa Dikmata TNI AL Angkatan 43 Gelombang 2

Marinir, TNI AL309 Dilihat

Okebung

Dispen Kormar TNI AL (Sidoarjo). Komandan Brigade Infanteri 2 Marinir Kolonel Marinir Arip Supriyadi, S.H., M.M., M.Tr.Hanla menghadiri Upacara Pelantikan dan Penyumpahan 556 Siswa Dikmata TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 43 Gelombang 2 TA. 2023 di Lapangan Candradimuka Puslatdiksarmil, Juanda Sidoarjo. Senin (01/04/2024).

Kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, tersebut dengan Komandan Upacara Mayor Marinir Haris Ti Purnama yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Sekolah Tamtama Puslatdiksarmil Kodiklatal.

Dihadapan para Siswa Dikmata TNI AL tersebut, Dankodiklatal mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan para Siswa menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan, dan pendidikan dasar golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil, dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti, sehingga saat ini para Siswa dapat mengikuti upacara pelantikan sekaligus penyumpahan Tamtama TNI Angkatan Laut dengan pangkat Kelasi Dua atau Prajurit Dua (Prada).


“Saya tekankan dan selalu saya ingatkan bahwa, pola pikir, pola sikap dan pola tindak para Siswa harus mencerminkan postur prajurit TNI Angkatan Laut, dimana semua perbuatan dan tingkah lakunya harus selalu dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut”, ujar Dankodiklatal dalam amanatnya.

Dijelaskan Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bahwa Kodiklatal sebagai bagian integral organisasi TNI Angkatan Laut memiliki peran strategis dalam mendukung terwujudnya kemampuan dan kekuatan Angkatan Laut yang profesional, modern serta tangguh guna mencapai kesiapan tempur dan kesiagaan operasi. Oleh karena itu, prajurit matra laut hasil didik Kodiklatal haruslah profesional dan tangguh sebagai Patriot NKRI guna menjaga kedaulatan di laut.


Dankodiklatal juga mengatakan bahwa, sebagai rangkaian dari tahapan pendidikan yang harus diikuti, para Siswa akan melaksanakan pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di Kodikopsla, Kodikmar dan Kodikdukum selama 5 sampai dengan 7 bulan sesuai kejuruan masing-masing.