Komandan Brigif 2 Marinir Ikuti Gerakan Nasional Penanaman Sorgum TNI AL Di Pasmar 2

Marinir, TNI AL68 Dilihat

Okebung

Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir I Gede Edy Supryadi, M.Tr.Hanla., M.Tr(Han) mengikuti Gerakan Nasional Penanaman Sorgum tahun 2022 TNI Angkatan Laut di Mako Pasmar 2 Kesatrian Marinir Moekijat Gedangan Sidoarjo, Jumat (09/09/2022).

Kegiatan yang dipimpin Danmenbanpur 2 Marinir Kolonel Marinir Firman Gunawan mewakili Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan tersebut juga diikuti Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P., Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono, Unsur Forkopimda Sidoarjo lainnya, Wanala Unair dan Pramuka Saka Bahari.

Sorgum adalah tanaman yang mengandung serat, mineral dan karbohidrat yang baik untuk tubuh, berasal dari Afrika Timur. Tanaman sorgum masih sekeluarga dengan tanaman serealia lainnya seperti padi, jagung, hanjeli dan gandum. Bisa dikatakan, sorgum adalah tanaman yang sejauh ini paling layak untuk menggantikan gandum yang hingga kini belum bisa dibudidayakan secara massal di Indonesia.

Komoditas pengganti gandum impor yang diidamkan Presiden Jokowi ini, memiliki kelebihan tidak perlu banyak pemberian pupuk, dan tanaman ini lebih sedikit terserang hama maupun penyakit. Menyikapi hal tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menginstruksikan agar jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia melaksanakan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum secara serentak di 77 lokasi, sehingga TNI Angkatan Laut meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penyelenggaraan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum secara serentak di lokasi terbanyak di dunia.

Direktur Pemasaran MURI Awan Rahargo dalam acara Gerakan Nasional Penanaman Sorgum di Kampung Neglasari, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyerahkan Piagam penghargaan tersebut kepada Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Gerakan Nasional Penanaman Sorgum yang merupakan program TNI AL pada tahun anggaran 2022 bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI ini bertema “Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.