Komandan Kosek IKN Mengikuti Pembukaan Latihan Kilat A, B, C dan D Tahun Anggaran 2024

Headline, TNI AU256 Dilihat

Komandan Komando Sektor Ibu Kota Negara (Dankosek IKN) Marsma TNI Abdul Haris, M.MPol., M.M.O.A.S., selaku Dirlat mengikuti Pembukaan Latihan Kilat A, B, C, dan D Tahun Anggaran 2024 secara virtual di Ruang Yudha Posek Kosek IKN Jakarta yang disiarkan langsung dari Popunas Koopsudnas, Jumat (2/2/2024).

Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi, M.M., dalam sambutannya yang dibacakan Oleh Kepala Staf (Kas) Koopsudnas Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.IP., M.M., menyampaikan, “Melalui Latihan Kilat A,B,C, dan D ini, kita dapat mengetahui perencanaan, penyiapan, pelaksanaan, sampai dengan pengakhiran latihan. Diharapkan Latihan Kilat ini dapat dijadikan sebagai sarana interoperability, sehingga menghasilkan kerjasama yang sinergis dan terarah, antara GCI dan penerbang sehingga dapat terwujud latihan yang aman dan lancar.”

Latihan Kilat A,B,C, dan D TA. 2024 bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan personel GCI dalam mengarahkan pesawat tempur pada suatu pertempuran udara. Hal ini merupakan upaya Koopsudnas dalam melaksanakan pembinaan kesiapan personelnya agar memiliki profesionalisme tinggi, khususnya dalam mengaplikasikan prosedur, taktik dan teknik yang ada.

Lebih lanjut dikatakan, “Kemampuan dan kekuatan udara yang ada saat ini, dihadapkan luasnya wilayah udara NKRI, maka tentunya mengandung potensi kerawanan terhadap pelanggaran wilayah udara. Diharapkan seluruh unsur-unsur Hanud di seluruh wilayah Kosek IKN, I, II, dan III harus selalu meningkatkan kemampuannya agar siap digunakan baik secara perorangan, satuan, maupun antar unsur sebagai aset kekuatan udara yang sewaktu-waktu dapat diproyeksikan dalam melaksanakan tugas operasi udara yang sesungguhnya, baik dalam Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang.” Ujar Pangkoopsudnas.

Turut hadir di Ruang Yudha Posek Kosek IKN yaitu, Asops Kosek IKN sebagai Wadirlat merangkap Kawasdal, Asintel Kosek IKN sebagai Deputy Strategis, Kaposek Kosek IKN sebagai Deputy Oyu, Aslog Kosek IKN sebagai Deputy Minlog, Askomlek Kosek IKN sebagai Deputy Komlek, dan Aspers Kosek IKN sebagai Deputy Litbang.