Komandan Pasmar 2 Hadiri Launching dan Bedah Buku Kasal “Diplomasi Sang Hiu Kencana”

Marinir, TNI AL127 Dilihat

Oke ubg

Dispen Kormar, TNI AL (Surabaya). Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla., menghadiri launcing dan bedah buku Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang berjudul “Diplomasi Sang Hiu Kencana” di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya. Sabtu (20/04/2024).

Dalam sambutannya Kasal menyampaikan bahwa buku Diplomasi Sang Hiu Kencana merupakan sebuah analisis yang mendalam tentang kompleksitas Diplomasi Angkatan Laut. Selain itu, buku ini juga berisi perspektif dan gagasan untuk membangun Decisive Naval Power serta membangkitkan kembali DNA bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim melalui pendekatan Naval Diplomacy.

“Pemilihan Judul Diplomasi Sang Hiu Kencana terinspirasi dari pengalaman penugasan ketika berinteraksi dengan Angkatan Laut dari berbagai Negara dalam bentuk latihan, operasi dan event-event maritim”, ujar Kasal.

Lebih lanjut, Istilah Sang Hiu Kencana menggambarkan kebanggaan sebagai prajurit Korps Hiu Kencana yang ditempa dengan nilai-nilai kepemimpinan, ketabahan, kesetiaan, kekesatrian, dan keperwiraan sepanjang perjalanan dalam pengabdian tugas.

“Melalui buku ini kita dapat memperoleh pemahaman terkuat Diplomatic Approach yang pada dasarnya merupakan suatu proses komunikasi sebagai strategi yang efektif dalam menjalankan berbagai peran dan tugas TNI Angkatan Laut, juga tertuang berbagai buah dari diplomasi pada saat menjalankan peran strategis selaku Kepala Staf Angkatan Laut dalam membangun komunikasi di forum internasional dan mengukuhkan kontribusi TNI Angkatan Laut dalam arsitektur keamanan global”, pungkas Kasal.

Pada pembedahan buku menghadirkan Presenter TV One Chacha Annisa sebagai moderator dan sebagai pembicara Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI Jonni Mahroza, Kababinkum TNI Laksda TNI Kresno Buntoro dan Prof Dr. Yudhi Krisnadi.