Komsos Dengan Security Sosialisasikan Pemahaman Dan Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

Korem 02210 Dilihat

Asahan  |  Wawasan kebangsaan dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar. Hal ini berarti bahwa Wawasan Kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan Negara di masa depan. Era reformasi dan demokrasi, memang harus tetap berjalan. Namun, penataan kehidupan Kebangsaan (berbangsa dan bernegara), harus berjalan di atas rel kesepakatan bersama, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan seloka Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila sebagai landasan idiil, menjadi dasar bagi memantapkan pemahaman konsepsi Wawasan Kebangsaan; Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai landasan konstitusional yang merupakan sumber hukum tertinggi dari hukum yang berlaku di Indonesia.

Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11/Simpang Empat jajaran Kodim 0208/Asahan Serka N Lumbantoruan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos bersama dengan security PT MDR  Dusun VII Desa Sipaku Area dalam rangka untuk mesosialisasikan dan memberikan arahan tentang Pemahaman dan pengamalan Nilai² Pancasila dan maknanya dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, Sabtu (21/01/2023).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serka N Lumbantoruan mengungkapkan arahan tentang Pemahaman dan pengamalan Nilai² Pancasila dan maknanya diantaranya adalah dengan memberikan pemahaman kepada Security bahwa Indonesia dibangun atas dasar kesepakatan oleh seluruh lapisan masyarakat shg terbentuklah Negara Kesatuan yaitu Republik Indonesia. Pemahaman tentang Makna nilai-nilai Pancasila terhadap masyarakat yakni sikap seorang warga terhadap yang lain harus saling membantu dalam suatu kegiatan di masyarakat, menunjukkan sikap toleran kepada semua warga, menghormati dan saling menghargai dgn tidak membeda-bedakan suku, agama dan antar golongan, terang Babinsa Serka N Lumbantoruan.