Komsos Dengan Tokoh Masyarakat Dan Pemuda, Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Berikan Edukasi Bahaya Narkoba

Korem 02223 Dilihat

Tanjung Balai  |  Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. Narkoba dapat menyebabkan efek serta dampak negatif bagi pemakainya. Narkoba dampaknya sangat besar bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional. Narkoba memiliki dampak langsung dan dampak tidak langsung. Dampak langsung penyalahgunaan narkoba terhadap tubuh manusia berupa gangguan pada jantung yang mengakibatkan infeksi akut otot jantung dan gangguan peredaran darah, dehidrasi yang membuat tubuh mengalami kejang-kejang, halusinasi, perilaku agresif dan rasa sesak bagian dada, hemoprosik, pernapasan tidak akan bekerja dengan baik dan akan lebih mudah merasakan lelah, hilang ingatan, lalu dapat terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDS, hepatitis, TBC yang berujung pada kematian.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tanjung Balai jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Aderamadani turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan warga masyarakat, dengan tujuan kegiatan tersebut untuk menyampaikan sosialisasi terhadap bahaya narkoba dan menghindarinya, agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar, bersama dengan Bapak M Ridwan (Tomas), Bapak Mirwan (Tukang Becak), Bapak Mizhar (Masyarkat) dan Bapak Riko (Kepling), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Pahlawan Kelurahan Pantai Burung Kecamatan Tanjung Balai Selatan Kota Tanjung Balai, Kamis (05/01/2023).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Aderamadani menyampaikan dampak tidak langsung narkoba adalah uang dan harta benda habis terkuras, dikucilkan dalam lingkungan masyarakat dan dari pergaulan orang-orang baik, tidak dipercaya lagi oleh orang lain karena umumnya pecandu narkoba akan gemar berbohong dan melakukan tindak criminal, penggunaan Narkoba sangat bertentangan dengan Agama dan hukum di Negara kita, selain dapat merugikan kesehatan penyalahgunaan Narkoba juga dapat merugikan keluarga dan lingkungan sekitar. “Adapun dampak dari penyalah gunaan narkoba bagi kesehatan diantaranya mengganggu kondisi otak, perubahan sel saraf dalam otak, hingga dapat mengakibatkan kematian”, tutup Babinsa Serda Aderamadani.