Komsos Sekaligus Pendataan Petani Cabai Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Diwilayah Binaan

Kodam 1 BB4 views

Asahan  |  Guna menyukseskan swasembada pangan nasional, Komsos merupakan salah satu bentuk loyalitas yang dilakukan oleh Babinsa kepada masyarakat dan kegiatan pengarahan yang diberikan oleh Babinsa dalam mengayomi masyarakat khususnya petani. Komsos dilakukan secara bersama-sama sejak mulai pembibitan, masa penanaman, dan pada saat petani melaksanakan pemanenan. Demikian juga halnya untuk mempererat tali silaturahmi dan kerja sama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa serta terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Salah satunya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Air Joman jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Dahrum turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan petani yang ada diwilayah binaan, Pendataan di kebun cabai Bapak Syahrial, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun 1A Desa Banjar Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan, Senin (01/07/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap warga di desa binaan. Sekaligus mendata luas lahan dan mengecek tanaman cabai dengan luas ladang 1 Rante,hal ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar hasil dari pertanian semakin meningkat, bersama dengan Bapak Syahrial dan Ibu Sutini, dimana Masyarakat beserta Babinsa bisa memanfaatkan lahan kosong untuk Ketahanan Pangan, dalam kegiatan tersebut, Babinsa menghimbau kepada para petani cabai, untuk meningkatkan hasil produksi cabai mengingat begitu besar kebutuhan cabai untuk di konsumsi masyarakat. “Saya harap, para petani agar meningkatkan hasil produksi cabai dan rutin melakukan pemantauan pertumbuhan tanaman cabai serta melaksanakan perawatan secara optimal agar tumbuhan cabai dapat tumbuh dengan normal,”tandasnya.

Komsos tersebut juga sebagai media untuk merajut tali silahturahmi antara Babinsa dengan warga binaannya dan bertujuan memberi dorongan kepada petani agar tetap semangat dalam melaksanakan pekerjaan. Babinsa menegaskan keterlibatan Babinsa dalam hal pendampingan Komsos tanaman cabai sangat penting. Babinsa juga harus aktif melakukan pemantauan di desa binaannya, sehingga dapat membantu dalam mensukseskan program swasembada pangan dan meningkatkan ketahanan pangan,” tutupnya.