Komsos Senjata Pemersatu Babinsa Dengan Warga Binaannya

Kodam Udayana308 Dilihat

OKEBUNG|
Disela pemantauan wilayah, Peltu I Gusti Ngurah Tista Babinsa desa Selisihan selalu menyempatkan waktunya untuk sambang dan berkomunikasi dengan warga binaannya.

Seperti kali, disela kegiatannya Peltu Gusti terlihat menyambangi pak Wayan Kela, salah satu warga binaannya yang sedang merawat tanaman ketela di subak Selisihan Kawan Tempek Delod, Minggu (11/09/22).

Dengan seringnya kita berkomunikasi dengan warga otomatis keakraban serta ikatan silahturahmi akan dapat terjaga dan terjalin dengan baik. Bagi Babinsa, salah satu senjata ampuh pemersatu dengan warga binaan adalah Komsos, “ucap Peltu Gusti.

Menurutnya, komunikasi tidak hanya jika ada hal-hal yang khusus, namun dimanapun dan kapanpun komunikasi harus tetap berjalan. Meski hanya ngobrol santai, hal tersebut menjadi sangat penting dalam suatu pergaulan.

Seperti saat ini, dirinya hanya berbincang-bincang seputaran tanaman ketela yang ditanam oleh pak Wayan. Bagaimana perawatannya dan hasilnya nanti apakah untuk komsumsi sendiri atau dipasarkan, “imbuhnya.

Sementara itu, Pak Wayan menerangkan bahwa tanaman ini sengaja ditanam hanya untuk komsumsi sendiri.

Ketela ini hanya untuk komsumsi sendiri Pak. Jadi lahan ini kami prioritaskan untuk menanam cabe, sedangkan ketela hanya sebagai selingan saja, biar pematang sawahnya tidak kososng, “jelasnya.

Terpisah, Dandim Klungkung, Letkol Inf Suhendar, SH. M.Si menambahkan bahwa salah satu upaya pihaknya untuk meningkatkan sinergitas di wilayah binaan adalah melalui Komsos bersama seluruh elemen masyarakat.

Sebagai ujung tombak di desa, Babinsa harus benar-benar menyatu baik dengan wilayah maupun masyarakatnya. Melalui komunikasi serta pergaulan yang baik, maka upaya mengoptimalkan Tupok di wilayah binaan bukan suatu hal yang sulit, “tegas Dandim.