Kopassus Peringati HUT Ke-72, Ini Dia Sejarahnya

Kopassus527 Dilihat

JAKARTA|
Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) setiap tanggal 16 April.Salah satu pasukan elite dari TNI Angkatan Darat tersebut genap berusia 72 tahun.

Perayaan HUT Kopassus mengacu pada Instruksi Panglima Tentara dan Teritorium III. Tepatnya Teritorium III Nomor 55/Instr/POS/52 tanggal 16 April 1952.

Merangkum berbagai sumber, Kopassus sendiri berdiri dilatarbelakangi kejadian pada Juli 1950. Yakni, dalam pemberontakan di Maluku oleh kelompok yang menamakan dirinya RMS (Republik Maluku Selatan).

Pimpinan Angkatan Perang RI saat itu mengerahkan pasukan untuk menumpas kelompok tersebut. Operasi ini dipimpin langsung oleh Panglima Tentara Teritorium III Kolonel AE Kawilarang.

Letkol Slamet Riyadi ditunjuk sebagai komandan operasinya. Operasi ini membuat tentara Indonesia memiliki pengalaman tempur yang baik, serta belajar melihat taktik.

Peristiwa ini mengilhami Slamet Riyadi mempelopori pembentukan satuan pemukul yang dapat bergerak cepat dan tepat untuk menghadapi sasaran. Setelah gugurnya Slamet Riyadi pada salah satu pertempuran di sekitar Kota Ambon, gagasan ini dilajutkan Kolonel AE Kawilarang.

Melalui Instruksi Panglima Tentara dan Teritorium III, terbentuklah Kesatuan Komando Teritorium III. Selanjutnya, satuan ini beberapa kali mengalami perubahan nama.

Satuan ini berganti nama menjadi Kopassus pada tahun 1985. Nama tersebut masih digunakan sampai dengan sekarang.