Koramil Jeumpa dan Muspika Panen Jagung Hibrida

Kodam IM18 Dilihat

OKEBUNG– Pelaksana harian Danramil 03/Jeumpa Kodim 0110/Abdya Peltu Arif Lizar beserta Muspika melakukan simbolis panen perdana jagung di lahan ketahanan pangan binaan Koramil setempat, di Desa Kuta Makmur Kecamatan Jeumpa, Jumat (20/1/2023).

Sebelum pemetikan, Peltu Arif Lizar mengucapkan terimakasih kepada pihak Kecamatan Jeumpa karena telah memfasilitasi dan mendukung program lahan jagung tersebut hingga terlaksana dengan baik. Lahan seluas 0,5 Ha itu awalnya adalah lahan nganggur, tidak terpakai dan bersemak belukar.

“Alhamdulillah, saat itu wacana kita untuk menanam jagung di lahan ini direspon baik dan bahkan didukung penuh oleh pak Camat dan pak Kapolsek, termasuk dari Pertanian Kecamatan,” kata Plh. Danramil.

Peltu Arif Lizar mengatakan kegiatan Babinsa bertanam jagung ini juga dilaksanakan serentak oleh seluruh Koramil jajaran Kodim Abdya di sembilan Kecamatan. Kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari program TNI AD untuk mendukung tercapainya ketahanan pangan nasional. Salah satu output dari program tersebut adalah meningkatkan pendapatan masyarakat yang bereaksi langsung pada stabilitas ekonomi nasional.

“Sekian persen dari hasil panen jagung hibrida ini akan kita gunakan untuk pembibitan, dan sisanya semua akan dibagikan untuk masyarakat. Semoga ini bisa membantu pemenuhan pangan di wilayah terutama dalam upaya menekan kasus stunting,” singkatnya.

Informasi dihimpun, kebun jagung seluas 0,5 Ha tersebut digarap oleh Babinsa dan warga pada akhir September 2022 dengan menggunakan swadaya satuan. Di sela tanaman jagung, Babinsa melakukan tumpang sari tanaman kacang tanah, kedelei dan ubi rambat. Koramil Jeumpa mengklaim tonase hasil panen jagung hibrida jenis Bisi 18 mencapai 4,5 ton.