Korban Banjir di Bulu China Mendapat Perhatian Taruna Akmil

OKEBUNG | Korban bencana banjir di Desa Buluh China, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, mendapat perhatian oleh Taruna Akademi Militer (Akmil).

Bagaimana tidak, pada 30 Desember 2023, sejumlah Taruna Akmil terdiri dari prajurit muda melaksanakan Bhakti Taruna Akmil dengan membantu korban banjir di desa itu.

Para Taruna, yang terdiri dari Sermatutar Inf M Daffa Fadhila, Sermatutar Inf Ridho Hidayatullah, Sermadatar Muhammad Raihan Inda Satria, Sermadatar Aditya Permana , Sersan Taruna Hendy Zeidan, Pratar Alyahya Huda Prawira Yusuf, Pratar Reyhan Pramudya, Pratar Fadhil Zai Putra Pulungan, Pratar Aryasatya Rakca dan Pratar Surya Rizal Perkasa turun langsung memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Mereka melakukan aksi nyata sebagai bentuk Edukasi Binter (Bela Negara) sekaligus menanamkan rasa kepedulian kepada masyarakat di sekitar mereka.

Sementara itu, Danrem 031/WB, Brigjen TNI Dany Rakca, turut hadir bersama Forkopimda setempat dan Forkopimda Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Brigjen TNI Dany Rakca menyampaikan komitmen untuk membantu perbaikan jalan pasca banjir, memberikan dorongan positif kepada para Taruna. Ia juga menekankan pentingnya peran mereka (Taruna Akmil) dalam membantu masyarakat terdampak.

Masyarakat Desa Buluh China juga memberikan saran konstruktif terkait dampak banjir, termasuk peningkatan jalan. Seperti yang dituturkan Ibu Mahyuni, salah satu warga.

Ia menyarankan perlunya perawatan pada sepanjang jalan menuju Desa Buluh China yang banyak mengalami kerusakan akibat banjir.

Sedangkan tokoh masyarakat, Arman, menyatakan kebanggaannya atas kedatangan para Taruna Akmil. Menurutnya, kehadiran Taruna Akmil sangat bagi korban banjir.

“Dukungan dari pemuda terpelajar dalam situasi sulit seperti ini sangat bernilai bagi kami,” ucapnya.

Kepala Desa Buluh Cina, menambahkan 530 KK terdampak banjir. Namun, kehadiran Taruna Akmil memberikan harapan baru dan kehangatan di tengah kesulitan.

Giat ini bukan hanya sekadar bantuan materi, tetapi juga wujud nyata kepedulian Taruna Akmil yang sedang cuti. Respon positif dan terima kasih dari masyarakat menjadi bukti bahwa kehadiran mereka di tengah-tengah rakyat sungguh menyentuh hati.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, dilakukan juga penyerahan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Desa Buluh China. Pemberian bantuan ini menjadi momen penuh makna sebagai bentuk kepedulian dan Bhakti Sosial dari Taruna Akmil.

Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk selalu peduli dan berbagi dalam kebaikan. (Muis)