Korps Wanita TNI AL Gelar Ziarah Jelang HUT Ke-61 di Kalibata

TNI AL771 Dilihat

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 3 Januari 2024 — Guna menumbuhkan rasa patriotisme terhadap pahlawan nasional yang telah gugur di medan perang dan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-61 yang akan digelar 5 Januari 2024 mendatang, Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) menggelar kegiatan Ziarah kepada para pahlawan terdahulu, bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (03/01).

Kegiatan yang dipimpin oleh Ir. Kolinlamil, Laksamana Pertama TNI Damayanti didampingi Perwira Tertua (Pater) Kowal wilayah Jakarta, Ketua Panitia HUT ke-61 Kowal, Pabandya Binkowal dan pasukan Kowal melaksanakan ziarah ke beberapa makam antara lain Purnawirawan Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Letkol A.L Barnetje Tuegeh yang merupakan pelopor cikal bakal wanita yang mengabdikan dirinya pada TNI Angkatan Laut.

Selanjutnya tokoh ALRI (Angkatan Laut Republik Indonesia) dan pahlawan nasional Indonesia Laksamana TNI (Purn) R.E Martadinata, Kasal Periode 1989 – 1993 Laksamana TNI (Purn) Muhammad Arifin yang juga dikenal sebagai penggagas pembangunan Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) di Surabaya.

Kemudian Kasal periode 1977-1982 yaitu Laksamana TNI (Purn) Waloejo Soegito, Duta Besar RI Laksamana TNI (Purn) R. Moelyadi dan Istri dari Presiden Indonesia ketiga Prof. Dr. Ir. B.J. Habibie yaitu Ibu dr. Hj. Hasri Ainun Besari atau Ibu Hasri Ainun Habibie.

Rombongan juga melaksanakan ziarah ke makam Kasal periode 1969 – 1973 Laksamana TNI (Purn) H.M. Sudomo, serta istri dari Presiden Indonesia keenam Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Hj. Kristiani Herrawati atau Ibu Ani Yudhoyono.

Dengan mengambil tema “Kowal Tangguh dan Hebat Menuju Indonesia Maju”, Kowal berkomitmen untuk mengenang jasa para pahlawannya yang telah mendahului dan juga untuk menumbuhkan nilai kepahlawanan sebagai modal sosial serta mengenang kembali keteladanan, pengabdian, dan pengorbanan para pahlawan.

Ketua Panitia HUT ke-61 Kowal Letkol Laut (KH/W) Amimul U. Bay, S.Pd., Mlntlst., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP. menjelaskan kegiatan ziarah ini sebagai pengingat untuk selalu menghargai jasa para pahlawan dan melanjutkan perjuangannya.

“Kita sebagai generasi muda dan terutama sebagai Srikandi Laut berkewajiban untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dengan pengabdian dan penugasan sebagai prajurit TNI AL kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia”, ungkap Ketua Panitia.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan dengan penuh semangat seperti para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia hingga titik darah penghabisan yang dapat menjadi inspirasi bagi semua generasi penerus bangsa.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.