Kunjungi Satuan Teritorial, Pangdam Ingatkan Prajurit Banyak Inisiatif, Peka dan Cepat Respon Kesulitan Masyarakat

Kodam 9 Udayana346 Dilihat

Denpasar – Setelah mengunjungi Makorem 163/Wira Satya beberapa hari lalu, kini Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi beserta rombongan mengunjungi 2 (dua) Satuan Teritorial Jajaran Korem 163/WSA yaitu Kodim 1611/Badung dan Kodim 1619/Tabanan, pada Senin (25/3/2024).

Setibanya di Kodim 1611/Badung dan Kodim 1619/Tabanan, Pangdam menerima jajar kehormatan dilanjutkan pengalungan bunga dan diiringi dengan tarian penyambutan (Pendet) serta disambut langsung oleh masing-masing Komandan Kodim dan Forkopimda.

Disela-sela kunjungan kerjanya tersebut Pangdam berkesempatan memberikan pengarahan kepada prajurit, PNS dan Persit yang diawali dengan memperkenalkan diri sebagai bagian dari keluarga besar Kodam IX/Udayana dengan harapan lebih kenal secara emosional dan tak lupa juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim.

Selanjutnya Pangdam menyampaikan agar hindari godaan seperti miras, narkoba, judi online, asusila, hindari bersinggungan dengan masyarakat. Semua pelanggaran tersebut dapat dieliminir bersama dengan cara pengawasan yang melekat dan saling peduli sesama rekan. Pegang teguh dan pedomani 8 Wajib TNI sebagai landasan untuk berinteraksi dengan masyarakat kemudian tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dan adat istiadat serta budaya sehingga tercipta hubungan emosional yang baik dengan rakyat.

“Proses penyelanggaraan Pemilu belum tuntas, tetap waspada, jaga netralitas, tidak berkomentar politik terutama postingan di Media Sosial (Medsos) dan ke depan kita akan hadapi kegiatan penting seperti, Apel Dansat Terpusat dan World Water Forum (WWF) ke-10 pada tanggal 18 sampai dengan 25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali”, jelas Pangdam.

Komando kewilayahan termasuk Kodim dan Koramil adalah unsur terdepan dalam penjabaran program dari Komando Atas, sehingga harus banyak inovasi, inisiatif, peka dan cepat dalam merespon kesulitan masyarakat maupun bekerja sama dengan Pemda, keberadaan kita harus bermanfaat bagi masyarakat maupun lingkungan khususnya kebersihan dan kelestarian alam.

“Kepada Dandim dan Para Perwira, saya perintahkan untuk senantiasa peka terhadap setiap permasalahan dan kesejahteraan prajurit karena akan berdampak pada moril dan disiplin kerja, laksanakan pembinaan satuan secara maksimal serta upayakan pemenuhan kekurangan komponen pembinaan satuan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan organisasi guna mewujudkan satuan yang siap operasional”, tegas Pangdam.

Sebelum mengakhiri sambutan Pangdam mengingatkan agar seluruh anggota senantiasa melaksanakan penghematan listrik dan air serta jaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur dan diimbangi dengan makanan yang bergizi.

Usai pengarahan di masing-masing Kodim, Pangdam beserta rombongan meninjau ketahanan pangan Kodim 1611/Badung yaitu berupa penanaman pohon pisang berlokasi di Desa Sembung Kecamatan Mengwi Badung dan meninjau Pompa Hidram Air Bersih Kodim 1619/Tabanan yang berlokasi di Banjar Jagasatru Desa Kediri Tabanan.

Turut mendampingi Pangdam dalam kegiatan Kunjungan Kerja tersebut antara lain : Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udy, Asintel Kasdam IX/Udy, Aster Kasdam IX/Udy, Para Kasi Korem 163/WSA, Waasops Kasdam IX/Udy, Dandim 1611/Badung dan Dandim 1619/Tabanan serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)