Lagi, Polsek Ngluwar Sosialisasi Larangan Mercon dan Balon Udara

OKEBUNG | Lagi, Polsek Ngluwar, Polresta Magelang melakukan sosialisasi terkait larangan penggunaan mercon dan balon udara.

Sosialisasi ini disampaikan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ngluwar di acara Sosialisasi Komunikasi Edukasi Rawan Bencana oleh BPBD Kabupaten Magelang di Gedung TEA Desa Blongkeng, Selasa (26/3/2024).

Dalam sosialisasi itu, mewakili Kapolsek Ngluwar, AKP M. Honi Zulkirom anggota Bhabinkamtibmas Desa Blongkeng Aipda Azis mengatakan saat ini Polresta Magelang sedang melaksanakan operasi kepolisian. Operasi yang dilakukan  fokus pemeliharaan kamtibmas dan pemberantasan penyakit masyarakat.

“Penyakit masyarakat itu seperti perjudian, peredaran miras dan penyalahgunaan narkoba di wilayah Kabupaten Magelang masih terjadi. Termasuk penggunaan mercon dan balon udara,” kata Aipda Azis.

Aipda Azis menambahkan, mengenai sasaran operasi pekat yang dilakukan Polresta Magelang tidak lain agar perayaan bulan puasa Ramadhan bisa berjalan khusyuk dan kondusif.

Karena itu, dia berpesan kepada masyarakat jika mengetahui adanya peredaran miras, perjudian, mercon, narkoba dan balon udara agar segera dilaporkan ke kepolisian.

“Pekat seperti ini merupakan fenomena negatif terjadi pada bulan Ramadan. Bahkan dianggap biasa, kini bukan lagi hal biasa, mengingat dampak dan risiko yang diakibatkan. Seperti tawuran perang sarung, membuat dan menyalakan mercon, menerbangkan balon udara, serta balap liar,” terang Aipda Azis.

Dia mengajak masyarakat tidak membuat, mengedarkan, dan atau menyalakan mercon untuk kenyamanan ibadah di bulan Suci Ramadan hingga perayaan Idul Fitri. Membuat, menjualbelikan, dan menyalakan mercon dapat dipidana penjara selama 20 tahun penjara,” tegas Aipda Azis. (Muhiz)