Lakukan Pemeliharaan Ekstra Pada Musim Hujan, Babinsa Ingatkan Petani Dalam Mengontrol Tanamannya

OKEBUNG|
Koptu Hendri Yuspa Babinsa Nagari Muaro Pingai Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman cabai merah keriting dengan tumpang sari tomat.

Kegiatan P3MP di lahan milik bapak Jajeko Warta Velly memiliki luas lahan lebih kurang 1/4 Ha di Nagari Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok. Rabu, 16 November 2022.

Koptu Hendri Yuspa dengan bapak Jajeko Warta Velly saat ini sedang melaksanakan perawatan cabai di musim hujan dan mengikatkan tomat ke tiang penyanggah.

Babinsa mengatakan, dengan intensitas hujan yang sering terjadi saat ini memang sangatlah membantu para petani dalam menyirami tanaman mereka. Namun, hujan yang terlalu sering akan menyebabkan kelembapan yang membuat gulma perusak tanaman berkembang biak dengan cepat salah satunya di tanaman cabai.

“Musim hujan dapat mengundang hama dan gulma dengan cepat, sehingga saat musim hujan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh petani saat merawat tanaman cabai. Seperti, menjaga kelembapan media tanaman dan pemberian nutrisi pada cabai harus terpenuhi agar cabai bisa tumbuh dengan subur,” ucapnya.

Selanjutnya, membersihkan lahan tanaman cabai dari hama penggangu dan gulma, jadi ketika ada tanaman liar di sekitar cabai seperti rumput liar, harus rajin membersihkannya. Terlebih lagi saat musim hujan, gulma akan cepat tumbuh subur sehingga harus dibersihkan secara berkala.

Pembuatan topangan, ini penting karena saat tanaman cabai mulai tinggi dan berbuah akan memiliki bobot yang lebih berat, dan ketika terkena angin atau hujan akan roboh. Untuk pembuatannya dapat dipilih bahan yang kuat seperti bambu atau kayu ataupun besi.

Terakhir, mengontrol dan memonitor tanaman cabai dari serangan hama atau penyakit. Setelah mengetahui penyakit atau hama yang menyerang, harus dilakukan pengendalian secepat mungkin.

Ia juga juga menyampaikan bahwa dalam perawatan tanaman cabai ini juga dilakukan penanaman tumpang sari buah tomat, guna membuat lahan lebih dapat bermanfaat,” tutupnya.