Lakukan Penyiangan Hama Ubi Kayu Kayu/Tanah, Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Dampingi Petani Binaan

Asahan  |  Sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) harus selalu melakukan pendampingan kepada para warga, khususnya petani yang ada di wilayah teritorialnya untuk bercocok tanam dalam rangka meningkatkan kualitas hasil panen yang mereka dapat. Dalam kesempatan ini seperti halnya yang dilakukan oleh Persoel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11/Simpang Empat jajaran Kodim 0208/Asahan Serka Erwin turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan pendampingan ketahanan pangan dan membantu masyarakat mengecek hama dan menyarankan pemberian pupuk agar mendapatkan hasil yang maksimal kegiatan bertempat dilahan Singkong Bapak Juwono seluas 10 rante, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, Sabtu (03/02/2024).

Dengan melaksanakan kegiatan inovatif kerja sama dengan masyarakat produktif tanaman Ubi kayu, Babinsa Serka Erwin mengungkapkan, pemeliharaan pembersihan Rumput dan pengemburan tanah di sekitar tanaman ubi kayu, dengan perkembangan pertumbuhan tanaman relatif baik. Ubi kayu atau singkong merupakan salah satu tanaman pangan sumber karbohidrat selain jagung dan padi. Budidaya tanaman ubi kayu juga untuk mewujudkan ketahanan pangan dimasyarakat, terang Babinsa Serka Erwin.

Lebih lanjut Babinsa Serka Erwin menjelaskan, bahwa untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal dalam penanaman singkong, harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput hingga pemupukan dengan waktu yang tepat. Selain itu, “petani juga harus memperhatikan masa pemeliharaan dengan menggemburkan tanah dan penyemprotan rumput dengan tidak terlambat sehingga pertumbuhan tanaman tidak terhambat,” ujarnya.

Dalam kegiatan mengelola lahan, Babinsa membantu warga binaannya, Mereka memberikan bimbingan, Dukungan teknis dan arahan dalam proses persiapan lahan perkebunan kepada warga binaannya. Serka Erwin mengatakan, menunjukkan bahwa kedatangannya tidak hanya untuk menjalin hubungan baik (silahturrahmi) tetapi juga memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada para petani di wilayah binaannya, Upaya ini bertujuan untuk mendorong semangat dan motivasi para petani agar lebih giat dalam bekerja,” Katanya.