Lanal Semarang Bangun Dapur Umum Untuk Korban Banjir Jepara Dan Demak

TNI AL179 Dilihat

SEMARANG|
Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, tim SAR gabungan Jepara berkolaborasi mendirikan dapur umum untuk penanggulangan bencana dan tanggap darurat korban banjir yang terjadi di Jepara dan Demak. (18/03/2024).

Dapur umum di Kabupaten Jepara yang didirikan oleh prajurit Posal Jepara berada di balai desa Dorang dan terbuka untuk warga Desa Dorang yang terdampak banjir, selain itu Posal Jepara bersama BPBD dan tim SAR gabungan masih tetap siaga bila sewaktu-waktu terjadi hujan lebat kembali yang mengakibatkan banjir.

“Sejak hari pertama terjadinya banjir di Desa Dorang, kami TNI Angkatan Laut turun menangani mengevakuasi korban yang terdampak banjir dan juga mendirikan dapur umum untuk melayani kebutuhan makanan serta minuman untuk warga. Kami mengerahkan personel Posal Jepara membantu percepatan penanggualangan banjir sekaligus bahu-membahu bersama BPBD Jepara dan tim SAR gabungan melakukan bhakti sosial ini,” ujar Danlanal Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr. Hanla., M.A.P.

Sedangkan Dapur umum di Kabupaten Demak yang didirkan oleh relawan Majelis Tafsir Al-Qur’an (MTA) bersama Posal Demak, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, serta tim SAR gabungan bertempat di balai desa yang tidak terdampak dengan banjir.

Dapur umum ini dioperasikan untuk memberikan bantuan kepada warga korban banjir yang mengungsi maupun yang tetap bertahan di rumahnya masing-masing berupa nasi bungkus dan air bersih mineral.

Danlanal Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr. Hanla., M.A.P. mengatakan “dapur umum ini sangat berarti bagi warga yang terdampak banjir, para korban banjir dapat merasakan manfaatnya dari bantuan pangan dapur umum ini, apalagi bagi warga yang sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini,” pungkasnya.