Latih Ketahanan Jasmani, Siswa Satdik – 1 Kodiklatal Latihan Kemampuan March

TNI AL169 Dilihat

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 13 April 2024 —

Guna melatih ketangkasan jasmani, Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 44 TA. 2024 Satuan Pendidikan (Satdik) – 1 Kodiklatal Tanjung Uban, melaksanakan Latihan Kemampuan March di Bintan Utara, Kepulauan Riau. Sabtu (13/04/2024).

Komandan Satdik – 1 Kodiklatal Kolonel Laut (P) I Gede Merta Yasa dalam sambutannya mengatakan bahwa, kemampuan March merupakan bagian dari salah satu materi kemiliteran pada tahap dasar keprajuritan yang harus dikuasai oleh Siswa Satdik – 1 yang bertujuan untuk melatih serta menguji ketahanan dan kemampuan jasmani Siswa yang telah 1 (satu) bulan melaksanakan pendidikan dan pelatihan di Satdik – 1.

Lebih lanjut, Dansatdik – 1 berpesan kepada seluruh Pengasuh dan Siswa agar tetap memperhatikan faktor keselamatan yang menjadi fokus utama sehingga kegiatan latihan berjalan dengan lancar dan Zero Accident, mengingat rute panjang dan berbukit serta kondisi cuaca menjadi rintangan yang dapat menguji ketahanan jasmani Siswa Satdik – 1.

Sebanyak 102 Siswa Dikmata Satdik – 1 mengikuti seluruh rangkaian Latihan Kemampuan March Tahap I dengan rute ± 15 KM. Adapun, pelaksanaan Kemampuan March Satdik – 1 ini dibawah pimpinan Koordinator Tim Pembinaan Jasmani (Binjas) Satdik – 1 Letda Laut (KH) Slamet Heru.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan pemanasan untuk mencegah cendera selama kegiatan latihan berlangsung, selain itu dalam mencegah dehidrasi serta heat stroke dilakukan istirahat minum dan penyiraman air setiap perjalanan ± 5 KM. Setelah siswa tiba di Satdik 1 dilaksanakan pendinginan, peregangan, dan pengecekan kondisi Siswa.

Kegiatan dapat berjalan sesuai rencana seluruh Siswa dapat melewati latihan Kemampuan March, diharapkan selesainya kegiatan ini dapat meningkatkan ketahanan jasmani Siswa Satdik – 1 sehingga dapat menyelesaikan seluruh tahapan pendidikan di Satdik – 1 yang akan semakin berat menempa dan menguras fisik maupun mental Siswa.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal