LATIHAN BERSAMA KRI DIPONEGORO-365 DENGAN KAPAL NATO DI LAUT MEDITERANIA

TNI AL362 Dilihat

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 12 Maret 2024 — KRI Diponegoro-365 (KRI DPN-365) sebagai unsur yang tergabung dalam MTF 448 UNIFIL melaksanakan beberapa serial latihan dengan salah satu kapal NATO (North Atlantik Treaty Organization) yaitu kapal perang Italia, ITS Carlo Bergamini F-590 di Area of Maritime Operation (AMO) perairan Mediterania, Lebanon, Senin (11/03).

Adapun beberapa serial latihan yang dilaksanakan adalah Helo Ops, Maneuvering Exercise, Mailbag Transfer dan Photex. Latihan ini dilaksanakan guna meningkatkan hubungan bilateral antara kedua Angkatan Laut, menyamakan persepsi dalam prosedur dan melatih para prajurit khusus nya dalam suatu latihan bersama.

Komandan Comando Prima Divisione Navale – COMDINAV UNO, RDML Stefano Frumento yang memimpin langsung latihan tersebut mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada KRI DPN-365 baik melalui komunikasi radio secara langsung maupun secara tertulis via surat resmi.

Komandan KRI DPN-365 sekaligus Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan bahwa latihan ini adalah atas inisiatif dan permintaan dari ITS Bergamini yang berdasarkan kepada semakin eratnya hubungan antar TNI AL dengan Regia Marina (AL Italia) dan penilaian secara subyektif tentang kemampuan serta profesionalisme KRI Diponegoro-365 itu sendiri diantara unsur-unsur MTF yang ada.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang telah menjalankan misi perdamaian untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, dan menjaga hubungan baik dengan negara sahabat serta menjaga nama baik TNI, khususnya TNI AL, bangsa, dan negara agar tetap harum di mata dunia.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.