LEARNING BY LOOKING, MAHASISWA UNHAN STUDY VISIT KE KRI TELUK CALANG-524

TNI AL418 Dilihat

Berita Kolinlamil TNI AL, 1 Februari 2022 ——- Setelah sehari sebelumnya menerima anak didik dari TK Islam Terpadu Nurul Iman, Jakarta Utara, hari ini, Kamis (1/2) KRI Teluk Calang-524 yang tengah sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara menerima kunjungan dari Mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) Program Studi Strategi Pertahanan Laut. 14 Mahasiswa Unhan didampingi 2 dosen pembimbing melaksanakan study visit ke KRI TCL-524 dengan tujuan untuk mengetahui teknologi dan alat pertahanan maritim yang digunakan oleh lembaga pertahanan maritim dan bagaimana cara penggunaannya serta memperoleh informasi yang berkaitan dengan pertahanan sebagai referensi penyusunan proposal tesis.

Dalam rangka menambah ilmu pengetahuan dan informasi yang didapatkan mahasiswa bukan hanya dengan pembelajaran di dalam kelas, namun juga menggunakan metode learning by looking dan learning by doing. Kedua metode belajar tersebut dapat digunakan secara bersama-sama dalam proses pembelajaran. Learning by looking dapat memberikan gambaran yang lebih luas dan teoritis tentang suatu materi, sedangkan learning by doing dapat memberikan secara langsung atau pengalaman nyata dan membantu peserta belajar dengan cara yang lebih aktif dan terlibat. Dalam metode tersebut menjadi salah satu pembelajaran yang mudah dan mempercepat pengetahuan diserap.

Kegiatan yang dilaksanakan di KRI TCL-524 selain warship tour, Mahasiswa Unhan juga mendapatkan pembekalan dan tambahan pengetahuan tentang pembinaan potensi angkutan laut nasional dan organisasi tugas dan prosedur Kolinlamil serta kegiatan dukungan angkutan laut militer. Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo dalam sambutannya menyampaikan sekilas tentang tugas Komando Lintas Laut Militer, kondisi alutsista jajaran Kolinlamil dihadapkan pada tugas yang diemban serta tantangan Kolinlamil sebagai pembina angkutan laut nasional.

Dalam kesempatan tersebut Aspotmar Pangkolinlamil juga menyampaikan apresiasi dan salam hormat dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC (J) M.A., M.M.S., CHRMP kepada dosen pembimbing dan seluruh Mahasiswa Unhan yang mengagendakan study visit di kapal perang jajaran Kolinlamil. Ia juga menambahkan agar kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat dan menambah referensi dalam penulisan tesis. (Dispen Kolinlamil)

#tniprima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy