Lestarikan Budaya Silat, Dandim 0413/Bangka Buka Latihan Pencak Silat PSHT

PANGKALPINANG |
Melestarikan budaya leluhur bangsa Indonesia, Dandim 0413/Bangka Kolonel Arm Firstya Andrean Gitrias S.H,M.M, membuka latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kodim 0413/Bangka bertempat di Gedung Serba Guna Kartika Kodim 0413/Bangka Jl. Sholihin Gp Kel.Asam Kec. Rangkui Kota Pangkalpinang, Selasa (30/1/2024) malam.

Pembukaan kegiatan pencak silat yang diikuti oleh anggota Kodim 0413/Bangka tersebut dihadiri juga Kapolresta Pangkalpinang diwakili Kapolsek Tamansari AKP Agus. P, Asisten 1 kota Pangkalpinang Ahmad Subekti, Dan Yonif 147/KGJ diwakili Danton SMS Letda Inf Selamet, Ketua PSHT Cab. Pangkalpinang Kangmas Datuk Muryanto, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0413/Bangka., Perwakilan anggota Yonif 147/KGJ serta Para Pesilat dari PSHT Cabang Pangkalpinang.

Dalam sambutanya Dandim 0413/Bangka mengatakan, ketrampilan Bela diri, Seni dan olahraga yang berlandaskan Kaidah Kerohanian ini dikenal dengan sebutan Pencak Silat. Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate lahir pada tahun 1922 di Madiun, Jawa Timur yang karena

perkembangannya yang pesat sekarang sudah tersebar di seluruh nusantara, bahkan sampai di benua Eropa dan Amerika dan sekarang ada di Kodim 0413/Bangka.

Setiap bangsa pasti memiliki warisan yang dapat dibanggakan, termasuk bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan suku memiliki banyak warisan dari para leluhur baik berupa budaya, adat istiadat bahkan sampai pada pola hidup. salah satu warisan bangsa Indonesia adalah Pencak Silat sebagai warisan leluhur, Pencak Silat menjadi jati diri bangsa Indonesia dan sudah sepantasnya jika Pencak Silat diajarkan kepada seluruh warga masyarakat.

Bahkan bila perlu sejak usia dini serta kepada generasi muda penerus bangsa demi menjaga kelestarian pencak silat itu sendiri.

Bangsa China bangga dengan seni bela diri Kungfu, Jepang bangga dengan samurainya, dunia Barat bangga dengan tinju, Thailand bangga dengan seni bela diri Muay Thai dan masih banyak lagi yang lainnya. sedangkan dl Indonesia sudah ditetapkan 7 aliran Pencak Silat yang dinobatkan sebagai warisan budaya.

hal tersebut membuktikan bahwa Bangsa Indonesia kaya akan warisan leluhur yang patut dilestarikan.

Pencak Silat diharapkan dalam perkembangannya dapat mengangkat harkat dan martabat Bangsa Indonesia baik dalam lingkup Regional maupun Internasional,” tutupnya.

Ditempat yang sama Ketua PSHT Cab. Pangkalpinang Kangmas Datuk Muryanto mengucapkan ‚ÄúTerima kasih kepada Dandim 0413/Bangka dan para peserta latihan juga selamat bergabung kepada PSHT Cab Pangkalpinang , ini merupakan kehormatan bagi kami yang mana sudah mendapatkan kepercayaan untuk dapat melatihkan PSHT di Kodim 0413/Bangka,” tuturnya.

SUMBER : Pendim413Bangka/jurnalismerahputih