Letjen H.Hilman Hadi,S.I.P, MBA, M.Han. Terima Gelar Kehormatan Adat Melayu Jambi

JAMBI|
Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) Letjen TNI H. Hilman Hadi, S.IP., M.BA., M.Han menerima Gelar Kehormatan Adat Melayu Jambi dengan Gelar Hulubalang Jayo Dilago yang bermakna Pemimpin/Komandan yang memenang segala pertempuran bertempat di Auditorium Balairung Sari LAM Provinsi Jambi Jln. M. Yusuf Singedikane Kel. Sungai Putri Kec. Danau Sipin Kota Jambi Kamis pagi (04/12/2024).

Kedatangan Irjenad yang sebelumnya pernah menjabat Pangdam II/Sriwijaya, didampingi ibu Hesti Hilman Hadi yang disambut Tarian pencak silat dan penaburan beras kuning sebagai tanda penghormatan menyambut tamu. Dalam tarian tersebut para penari membawa parang dan pisau belati sebagai simbol kemenangan perang. Para penari juga diiringi dengan musik rebana yang biasa dimainkan saat menyambut kedatangan tamu dan acara adat.

Adapun prosesi penganugerahan tersebut dilakukan oleh Gubernur Jambi Al Haris selaku Dewan Pembina LAM Provinsi Jambi dan Ketua LAM Provinsi Jambi Hasan Basri Agus.

Acara dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan LAM Provinsi Jambi oleh Ketua LAM, tentang Penganugerahan Gelar Adat Melayu Jambi dilanjutkan pengukuhan dan penganugerahan gelar adat, penyisipan Keris, pengalungan medali, pemasangan selempang dan pemberian Piagam adat Jambi Tingkat Utama dan Madya.

Dalam sambutannya Ketua LAM Jambi Hasan Basri Agus mengatakan Gelar adat dan Karang Setio yang diberikan kepada para tokoh nasional ini, sebagai wujud bukti kepedulian dan perhatian dari LAM Jambi kepada Putra terbaik Jambi yang telah berkiprah dikancah Nasional ataupun yang pernah mengabdi di Provinsi Jambi, dimana para tokoh Nasional ini telah banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan di Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Berikut Nama-nama yang mendapat Gelar Adat Melayu Jambi yaitu :

1. Letjen TNI H. Hilman Hadi, S.IP., MBA., M.Han dengan gelar Hulubalang Jayo Dilago
2. Letjen TNI (Purn) Dr. H. Sudirman, S.H., M.H., M.M. dengan gelar Hulubalang Setio Alam
3. Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.I.P. dengan gelar Hulubalang Pati Negeri
4. Laksamana Muda TNI Dr. H. Nazali Limpo, S.H., M.H., CHARMP., M.Tr.Opsla dengan gelar Depati Panglimo Cendikio Negoro
5. Mayjen TNI Muhammad Zulkifli, S.I.P., M.M. gelar Hulubalang Batuah Negeri
6. Mayjen TNI Supriono, S.I.P., M.M dengan gelar Hulubalang Suko Negeri.

Selain itu ada nama lain yaitu H. Afriansyah Noor, M.Si (Wakil Menteri Tenaga Kerja RI), H. Rohidin Mersyah, M.MA (Gubernur Bengkulu), Irjen. Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si (Kapolda Jambi), Irjen Pol Drs. Armed Wijaya, M.H., H. M. Syukur, S.H., M.H, H. A. Bakri HM, S.E., Dr. Ir. H. A. R. Sutan Adil Hendra, M.M dan Dra. Hj. Elviana, M.Si.

Turut hadiri pada acara tersebut para Forkopimda Provinsi Jambi, Kasrem 042/Gapu dan Para Kasi Korem 042/Gapu, Para Bupati, Ketua dan pengurus LAM Provinsi Jambi, Sekda Provinsi Jambi, para Asisten, Kepala OPD lingkup Provinsi Jambi serta tamu undangan lainnya.