Lewat Komsos Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Sambangi Sekdes Jalin Silaturahmi

Simalungun  |  Dalam rangka guna mengetahui tentang peningkatan pelayanan administrasi publik kepada warga masyarakat, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balata jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka J Tondang turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan Sekdes Kasindir Bapak Edy Samsuri, Ketua Maujana Nagori Kasindir Bapak Edison Siburian dan Ketua  Pemuda Nagori Kasindir Bapak S Rumapea, adapun dibicarakan tentang  hasil penghitungan suara Pilpres dan Pileg yang  telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, untuk Nagori Kasindir sampai saat ini tidak ditemukan permasalahan di tengah- tengah masyarakat terkait dengan hasil Pemilu Pilpres dan Pileg, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Kasindir Kecamatan Jorlang Hantaran Kabupaten Simalungun, Kamis (18/04/2024).

Dengan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komsos bersama Sekdes beserta staf dalam rangka membahas tentang keamanan di lingkungan Kasindir, Babinsa Serka J Tondang mengatakan pentingnya masyarakat untuk memiliki Dokumen Administrasi Kependudukan dan proses penerbitannya yang diatur pada peraturan Perundang-undangan. Babinsa menghimbau, “agar wajib seluruh warga masyarakat memiliki dokumen administrasi kependudukan secara lengkap di dalam rumah tangganya. Dokumen tersebut adalah Biodata, KTP elektronik, Kartu Keluarga, akta kelahiran, akta kematian bagi keluarga yang telah meninggal dunia, Akta Perkawinan dan Akta Perceraian dan Kartu Identitas Anak (KIA),” ungkapnya.

Dokumen-dokumen tersebut wajib dimiliki untuk keperluan layanan publik seperti pengurusan BPJS, SIM, perbankan, paspor dan keperluan untuk mencari sekolah, ujarnya.

Hal ini di sebabkan banyaknya orang yang terdampak langsung dengan kehilangan pekerjaan dan penghasilan, sehingga mereka nekat melakukan perbuatan yang melanggar hukum agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup nya sehari hari. Demi mengantisipasi agar hal hal negatif tersebut tidak terjadi di wilayah binaan nya, dengan maksud kedatangan Babinsa pada hari ini adalah untuk mengajak dan mendorong para Kepala Dusun agar lebih aktif lagi turun ke Desa untuk memantau dan memonitor langsung situasi Kamtibmas saat ini di wilayahnya, tutupnya.