Lewat Komsos Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Bersama Petani Ubi Dampingi Perawatan Bersihkan Gulma

Asahan  |  Pada kesempatan ini wilayah desa binaan mayoritas lahan pertanian berupa ladang atau tegalan dan kondisi lahan pertaniannya tadah hujan, lahan seperti ini sangat cocok ditanami tanaman ketela pohon atau singkong, Babinsa menyarankan kepada para petani agar bisa memanfaatkan lahan pertanian untuk ditanami tanaman pangan, salah satunya seperti singkong. Karena tanaman ketela pohon tidak banyak membutuhkan air, sehingga dapat digunakan sebagai makanan alternatif penganti beras, dan juga bisa dibuat untuk makanan cemilan.

Hal ini Singkong atau Ubi Kayu ketela pohon merupakan tanaman yang kandungan karbohidratnya cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti beras, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Air Joman jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Erwinsyah turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan warga masyarakat binaan petani ubi dalam rangka mendukung pemerintah dalam ketahanan pangan, pendampingan perawatan ubi kayu diladang Bapak Davin, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun lll Desa Subur Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan, Kamis (04/04/2024).

Adapaun kegiatan Babinsa kali ini melaksanakan pendampingan pertanian perawatan pohon ubi dgn membersihkan rumput Gulma di lahan ubi tersebut, tujuannya agar pertumbuhan tanaman ubi semakin subur dan hasilnya nanti juga akan meningkat,guna mendukung program Hanpangan. Kegiatan swasembada pangan ini diharapkan mampu menciptakan sinergitas TNI dan Petani dalam mendorong pencapaian target pemerintah.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga masyarakat membersihkan rumput ditanaman ubi agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dengan hasil yang memuaskan. Luas lahan ubi tersebut sebanyak kurang lebih 10 rantai. Tujuan melaksanakan hangpangan bertujuan untuk membantu petani ubi agar dapat hasil yang memuaskan dengan kedatangan Babinsa sangatlah berguna untuk membantu petani ubi dan bersilahturahmi dengan pemilik ladang ubi, dengan turun langsung ke kebun ubi untuk membantu petani membersihkan kebun ubi dan memberi motivasi agar semangat bekerja guna meningkatkan ketahanan pangan diwilayah binaannya.