Manfaatkan Lahan Kosong Pekarangan Rumah, Babinsa Motivasi Warga Dengan Bertanam Jagung Manis.

OKEBUNG|
Serda Andri.S Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah.

Lahan kosong yang dimanfaatkan adalah dengan menanamkan tanaman jagung manis, beralamat di Jl. Andaleh Nagari Salayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Sabtu, 03 November 2022.

Saat ini tanaman jagung manis yang ditanam pada Rabu tanggal 5 Oktober 2022, sekarang sudah memasuki usia tanam 60 hari dengan luas lahan lebih kurang 10 x 7 meter.

Jagung merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan juga hewan. Jagung termasuk salah satu tanaman pangan terpenting di Indonesia selain padi. Ada beberapa daerah di Indonesia yang memanfaatkan jagung sebagai makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

Serda Andri mengatakan upaya yang dilakukan ini juga merupakan wujud keseriusan TNI dalam membantu Pemerintah guna mewujudkan ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam kondisi seperti sekarang ini,” ucapnya.

Seperti kita ketahui bersama pada tanaman jagung tersebut hampir dari seluruh bagiannya dapat di manfaatkan mulai dari batang dan daunnya yang dapat digunakan sebagai pakan ternak, jagung muda yang bisa di olah menjadi sayuran dan biji jagung tua yang dapat diolah menjadi berbagi macam makanan dan bahan makanan.

Babinsa juga menyampaikan bahwa, pemanfaatan lahan kosong di sekitar rumah ini sebagai upaya mengurangi tumbuhnya rumput liar yang merusak pemandangan. Disamping itu, dengan adanya tanaman jagung ini jadi lebih bermanfaat serta dapat meningkatkan perekonomian keluarga,“ ungkapnya.