Melalui Aksi Bersih-Bersih Pantai, Koramil 0801/12 Pringkuku Berkontribusi Dukung Pariwisata Di Pacitan

Pacitan – Laut merupakan salah satu sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia, disamping juga sebagai tempat tinggal berbagai jenis makhluk hidup yang ada di dalamnya. Namun demikian, laut juga sangat rentan terhadap pencemaran akibat sampah yang berserakan.

Guna mencegah adanya pencemaran, anggota Koramil 0801/12 Pringkuku Kodim 0801/Pacitan bersama Lanal Pacitan dan masyarakat, berinisiatif melaksanakan pembersihan lingkungan pesisir pantai Srau yang berlokasi di Desa Candi Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Sabtu (09/03/2024).

Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah sampah, baik organik maupun non organik yang terdampar di pantai, sehingga pencemaran dapat di cegah secara optimal.

Terlihat antusias para peserta sangat luar biasa, mereka memungut sampah yang berserakan satu persatu untuk di kumpulkan menjadi satu, kemudian di buang ke tempat sampah yang telah ditentukan.

Sementara itu, anggota Koramil 0801/12 Pringkuku Sertu Iwan mengatakan, bahwa kegiatan bersih-bersih pantai dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Dari sini kita dapat belajar tentang bagaiman cara mengurangi penggunaan plastik dan mengelola sampah dengan tepat dan efektif, agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan”, ujarnya saat turut ambil bagian dalam pembersihan di lokasi.

Lebih dari itu, aksi bersih-bersih pantai ini dapat menjadi gerakan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi masyarakat utamanya dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, indah dan asri.

“Diharapkan dengan adanya aksi ini dapat memotivasi semua pihak untuk berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan. Pantai yang bersih dan indah akan menarik lebih banyak wisatawan yang datang, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar”, ungkapnya.