Melalui Pemasangan Spanduk dan Komsos Babinsa Koramil 03/Parongil Sosialisasikan Terkait Perekrutan Komcad

Dairi—–Cadangan (Komcad) adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama (TNI) yang mobilisasinya atas perintah Presiden dengan persetujuan DPR RI.

Terkait hal itu Kodim 0206/Dairi telah mengerahkan Babinsa Koramil jajarannya untuk mensosialisasikan program komponen cadangan (komcad) kepada masyarakat selain dari pemasangan spanduk dan benner di wilayah kabupaten Dairi dan kabupaten Pakpak Bharat.

Seperti yang tampak dilaksanakan Babinsa Koramil 03/Parongil Sertu Ganda Carles Naibaho dan Koptu HK Sipayung memasang spanduk di depan Kantor Koramil sementara serda JV Tinambunan melaksanakan komsos kepada para pemuda guna memberikan sosialisasi terkait perekrutan komcad kepada warga Kelurahan Parongil Kecamatan Silima Pungga Pungga Kabupaten Dairi, Jum’at (20/01-2023).

Dirinya menyampaikan bahwa komcad ini merupakan program yang terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 18 sampai 35 tahun, yang secara sukarela ingin menjadi tentara cadangan.

“Bagi masyarakat diperbolehkan untuk mendaftar menjadi komcad secara online melalui laman Komcad, yakni komcad.kemhan.go.id atau melalui Whatsapp 089619370020, ungkapnya

Lebih lanjut Serda JV Tinambunan mengatakan, untuk menjadi calon komcad harus melalui seleksi dengan syarat harus sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki catatan kriminal, setelah dinyatakan lulus dalam seleksi, calon komcad wajib mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan.

“Jadi selama mengikuti pelatihan, calon komcad berhak memperoleh uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, perawatan kesehatan, serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian selama mengikuti pelatihan dasar kemiliteran,” terangnya (Pendim Dairi)