Melalui Video Conference,Dandim 1609/Buleleng Mengikuti Pengarahan Pangdam IX/Udayana

Kodam Udayana7929 Dilihat

OKEBUNG|
Melalui video conference,Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh Tamaji.S.Sos.M.I.Pol,mengikuti pengarahan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto.SE.Selasa 20 Desember 2022 pukul 10.00 s.d 11.05 Wita bertempat di Ruang Yudha Kodim 1609/Buleleng Jln Gajah Mada No. 142, Kel Banjar Jawa, Kec/Kab Buleleng .

Dalam pengarahannya Pangdam IX/Udy Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E.,M.M
di Ruang Yudha Puskodalopsdam IX/Udayana didampingi Irdam IX/Udayana,Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana,Asrendam IX/Udayana, Asintel Kasdam IX/Udayana,Asops Kasdam IX/Udayana,Aspers Kasdam IX/Udayana,Aslog Kasdam IX/Udayana. Aster Kasdam IX/Udayana dan Kapendam IX/Udayana.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh para Dansat dari ruang kerja satuan masing-masing diantaranya Kasrem 161/Wira Sakti beserta Dandim jajaran Korem 161/WS,Danrem 162/Wira Bhakti beserta Dandim jajaran Korem 162/WB,Danrem 163/Wira Satya beserta Dandim jajaran Korem 163/WSA,Dan Brigif 20/Komodo,Dan Yonif jajaran Kodam IX/Udy,Dan Den jajaran Kodam IX/Udy.

Pangdam IX/Udayana menyampaikam untuk Bidang Intelijen utamakan faktor keamanan dalam setiap kegiatan guna menghindari kerugian personel, maupun material.

Selain itu tingkatkan kepekaan dan naluri intelijen terhadap perkembangan situasi di daerah/ wilayah masing-masing sebagai upaya pencegahan dinidan deteksi dini.

“Tingkatkan kemampuan SDM personil yang mengawaki alat matsus intelijen serta sandi dan siber dalam rangka mendukung tugas pokok serta Dan/Ka Satuan agar menekankan kepada prajurit dan keluarga untuk bijak bermedia sosial, serta menjaga kerahasian informasi kedinasan di media sosial,”pesan Pangdam.

Pangdam juga memerintahkan seluruh prajurit dan PNS agar dapat lebih bijak dalam sikap dan tidak ceroboh saat tampil dimuka umum apalagi media sosial.

Selain itu,untuk Bidang Operasional Pangdam menekanka agar para Dansat harus cermat dan tertib administrasi ,tingkatkan pembinaan Satuan di Satpur, Banpur, Banmin dan Kowil secara konsisten, benar dan efektif.

Pangdam juga meminta agar Dansat pelihara komunikasi aktif antar pejabat operasi dan Komandan Satuan harus maksimal dalam mengevaluasi kegiatan latihan yang dilaksanakan di jajarannya, tidak asal lewat.

“Pelihara kemantapan dan kesiapsiagaan satuan guna mendukung pelaksanaan operasi wilayah Kodam IX/Udayana,”tegas Pangdam.

Untuk dalam bidang personel Pangdam menyampaikan agar para Dansat Kowil laksanakan kampanye kreatif dan pembinaan untuk menjaring calon prajurit di Ta 2023 dan hindari percaloan karena penerimaan Prajurit TNI AD tidak di pungut biaya apapun (gratis)

“Dalam Gardik berorientasi pada proses dan iklim intelektual dengan titik berat upaya berpikir kritis, kreatif, kolaboratif sehingga meningkatkan kualitas dalam membangun personil Kodam IX/Udy yang profesional dan unggul,”tegas Mayjen Sonny.

Para Dan/Ka satuan jajaran memperhatikan kondisi anggota di satuan, jadikan Jam Dan sebagai sarana interaktif dan komunikatif selain sebagai fungsi hubungan kerja jalin kedekatan sehingga tahu permasalahan anggota untuk cegah Gar/bunuh diri karena tidak menemukan solusi permasalahan yang dialami.

Selain itu gunakan fasilitas kesehatan (rikes berkala) dan para Dansat wajib punya data anggota memiliki penyakit komorbid jangan sampai kita tidak tau kesehatan personil kita di satuan.

Sedangkan untuk Bidang Logistik Pangdam menyampaikan agar Dansat terlihat langsung pengawasan pejabat Logistik bertugas memelihara data, material sehingga data dapat disajikan secara valid dan akuntabel.

Pangdam juga meminta agar Dansat mendata dan menginventarisir material rusak berat, tidak operasional yang ada di satuan untuk dikembalikan selanjutnya Satbinwat segera mengajukan usul penghapusan agar tidak membebani pertanggung jawaban admin satuan.

“Tingkatkan pengamanan aset Kodam IX/Udy dengan melibatkan satuan pemakai guna menghindari penyalahgunaan dan kehilangan aset TNI AD dan tingkatkan pengawasan inventaris seluruh aset satuan secara ketat guna meningkatkan kontrol atas pemanfaatan barang milik negara serta laksanakan tertib administrasi penatausahaan Amin di lingkungan jam 9 Udayana secara transparan dan akuntabel guna terwujudnya opini WTP,”pesan Pangdam.

Untuk Bidang Teritoria,lanjut Pangdam agar para Dansatkowil melakukan update data Babinsa yang belum punya Kep, segera diusulkan yang belum terima Dukops dilaporkan/ Triwulan dan yang sudah menerima agar disalurkan sesuai peruntukannya dan maksimalkan penggunaan aplikasi E-Prajaraksaka sebagai wadah untuk laporan bangsit serta program dan dokumen giat Binter.

“Dalam pelaksanaan kegiatan TMMD sasaran fisik harus selesai 100% dan tepat waktu,selain itu agar pejabat tiap satuan memahami penggunaan anggaran sesuai peruntukan kode akun guna tercapainya tertib administrasi,”tegas Pangdam.

Laksanakan pengendalian dan pengawasan program upaya dan inovasi dalam pengembangan SDM di setiap satuan dan pelaksanaan peresmian Pompa Hidram dilakukan oleh Danramil/Babinsa,selain itu Dukops Babinsa diberikan berdasarkan Skep Babinsa dari Kodim masing-masing.

Untuk Program unggulan Kasad kerjakan dengan baik diantaranya.

a) TNI AD manunggal air.
b) Babinsa masuk dapur (RTLH)
c) Pendampingan stunting (kerjasama dengan BKKBN)
d) Kampung Pancasila.
e) Ketahanan pangan (pemanfaatan lahan tidur TNI AD)

“Selamat hari raya Natal bagi yang merayakan dan selamat tahun baru 2023,”pungkas Pangdam.

Kodim Buleleng