Meminimalisir Pencemaran Lingkungan, Babinsa Koramil11/Brb, Berikan Solusi Dan Edukasi Bagi Peternak Ayam Potong.

Kodam IM104 Dilihat

Aceh Timur – Serka Edi Saputra Babinsa Koramil 11/Brb Kodim 0104/Aceh Timur gelar Komsos ke lokasi peternakan ayam potong milik sdr Mukhtar, di Desa Aramiyah Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (11-09-2022).

Kegiatan yang dilakukan oleh Serka Edi Saputra dalam rangka meminimalisir pencemaran lingkungan, serta memberikan solusi dan edukasi yang tepat agar kegiatan pemeliharaan ayam potong tersebut dapat berjalan baik serta ramah lingkungan.

Ya kedatangan kami ke lokasi peternakan ayam potong saudara Muktar dalam kegiatan komsos dan sekaligus memantau perkembangan ternaknya yang ramah lingkungan:yang berada diwilayah terotorial Koramil 11/Brb Kodim 0104/Atim, sesuai arahan Komando atas Danramil Kapten Czi Karsono, ungkapnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh peternak ayam potong Muktar sangat positive karena sudah membantu program pemerintah dengan Ketahan Pangan dibidang peternakan,ucap Serka Edi Sahputra.

Dalam pantauan kami saudara Muktar telah melakukan Edukasi cara meminimalisir lalat yg berasal dari kotoran serta cara menghilangkan bau yg menyengat yg di timbulkan dari kotoran ayam, sehingga masyarakat di sekitaran tidak merasa terganggu keberadaan kegiatan pengembangan dan penggemukan ayam potong ini.

Sementara itu Muktar pemilik peternakan Ayam potong mengatakan budidaya ayam potong sebenarnya bisa di bilang susah-susah gampang karena kandang tidak boleh berada di lokasi pemukiman. Peternak harus ulet dalam penanganannya serta ayam tidak bisa kena stress.

kesehatan kandang ayam juga harus dibuat nyaman agar ayam tidak stress dan dapat berproduksi dengan optimal.
Alhamdulillah dengan mengikuti saran dan petunjuk dari Babinsa Serka Edi Saputra yang tidak kenal lelah selalu mengingatkan kepada kami, semua kegiatan kami dapat berjalan lancar dan baik.

Kami selalu mengedepankan kenyaman lingkungan sehingga masyarakat di sekitaran ini tidak terganggu, kalau untuk keberhasilannya setiap bulannya kami bisa produksi atau menjual Ayam dalam sekali panen berkisar 10 ribu ekor, ungkapnya.

Sementara itu Danramil 11/Brb Kodim 0104/Aceh Timur Kapten Czi Karsono, diruang kerjanya mengatakan, sebagai Bintara Pembina yang sudah menjadi kewajiban terhadap perkembangan lingkungan di wilayah binaannya harus selalu melakukan Komsos kepada warga binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Serka Edi Sahputra, selain menjaga Keamanan juga menjaga kenyamanan di lingkungan warga binaannya.

Selain membantu program pemerintah dengan ketahananan pangan di bidang peternakan, Danramil juga menuturkan bahwa Babinsa harus sering mengingatkan kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang supaya tidak mencemarkan udara ke pemukiman warga dan menimbul kan hal Рhal yang tidak di inginkan. pungkasnya.