Memperingati Kebersamaan dan Ilmu di PIFKI 2 dan Ulang Tahun LAFKI ke-4, Medan 2024

Headline5 views

Oleh: PP LAFKI

Kegiatan PIFKI 2 dan perayaan ulang tahun LAFKI yang ke-4 telah berakhir, meninggalkan kenangan manis bagi semua peserta dan panitia yang terlibat. Mereka kembali ke rumah masing-masing, membawa semangat baru dan inspirasi yang diambil dari acara yang penuh dengan ilmu dan silaturahmi. Beberapa peserta bahkan masih menikmati suasana Medan, memanfaatkan momentum untuk berwisata dan mengeksplorasi keindahan pnorama alam serta budaya lokal.

Pertemuan tahunan ini memiliki makna yang sangat mendalam, bukan hanya sebagai ajang untuk saling mengenal, tetapi juga sebagai wadah untuk mengasah keilmuan surveior akreditasi. Ketua Umum LAFKI, dr. Friedrich Max Rumintjap, Sp.OG(K) MARS, FIHFAA, FISQua, FRSPH, alias dr.Frits mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting dalam meningkatkan mutu dan keselamatan pasien. Pertemuan tahunan seperti PIFKI dan ulang tahun LAFKI bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi merupakan momentum penting untuk saling berbagi ilmu, pengalaman, dan best practices dalam upaya meningkatkan mutu layanan kesehatan, ujarnya.

Keilmuan surveior akreditasi terus berkembang seiring dengan tuntutan zaman. Dalam setiap sesi diskusi dan workshop, para peserta mendapatkan kesempatan untuk mempelajari berbagai aspek terbaru dalam survei akreditasi. Menurut dr.Tedjo Wahyo Putranto, MM, MARS, FIHFAA, salah seorang pakar dalam bidang manajemen mutu kesehatan dari LAFKI, menambahkan, Melalui pertemuan ini, para surveior dapat memperbarui pengetahuan mereka, mendalami dan meningkatkan kemamouan dalam melakukan survei yang lebih efektif dan efisien. Ini semua berujung pada satu tujuan utama, yaitu peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien di setiap fasilitas kesehatan, ujar beliau ketika mengenalan pakain adat saat Gala Dinner berlangsung.

Kegiatan PIFKI 2 juga menonjolkan pentingnya kolaborasi dan komunikasi antar surveior dari berbagai daerah. Diskusi yang terjadi selama kegiatan ini memperkaya wawasan dan membuka perspektif baru yang mungkin belum pernah dipikirkan sebelumnya. Hal ini seirama dengan pendapat Kolonel Laut (K) Dr. dr. Hisnindarsyah, SpKL Subsp.KT(K), SE., M.Kes., MH., C.FEM., FIHFAA, FISQua, FRSPH dari Jawa Timur dan dr. Marhefdison, Sp.A., FIHFAA, FISQua dari Kalimantan Timur yang menyatakan, Kolaborasi dan komunikasi yang baik antar surveior akan menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai berbagai tantangan yang dihadapi dalam akreditasi. Ini memungkinkan kita untuk menemukan solusi-solusi inovatif yang dapat diterapkan secara luas.

Selain itu, pertemuan tahunan ini juga memperkuat ikatan emosional antar anggota LAFKI. Rasa kebersamaan yang tercipta selama acara memperkuat rasa saling percaya dan solidaritas. Silaturahmi yang terjalin dalam pertemuan ini sangat penting dalam membangun jaringan profesional yang kuat dan saling mendukung. Ini adalah fondasi yang kokoh untuk melangkah maju bersama dalam menghadapi tantangan di masa depan, menurut Dr. dr. Cashtry Meher M.Kes. M.Ked.(KK). Sp.KK. FIHFAA, FISQua, yang merupakan Ketua Panitia, ketika memberikan laporan kegiatan dengan penuh semangat.

Sebagai penutup acara, pataka LAFKI telah diserahkan ke Korwil LAFKI Jawa Barat, menandai estafet persiapan untuk PIFKI 3 dan ulang tahun LAFKI yang ke-5 yang akan diselenggarakan di Jawa Barat pada tahun 2025. Ketika semua peserta dan panitia akhirnya pulang ke rumah masing-masing, mereka membawa pulang lebih dari sekadar ilmu. Mereka membawa pulang semangat baru, inspirasi, dan jaringan yang lebih luas. Pengalaman yang didapat dari PIFKI 2 dan ulang tahun LAFKI ke-4 ini menjadi bekal berharga untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan di Indonesia.

Seperti sebuah pohon yang tumbuh subur dan kuat karena akarnya yang dalam dan menyebar, demikian juga pertemuan ini memperkuat akar kebersamaan dan keilmuan di antara para surveior. Dengan akar yang kuat, pohon itu akan terus tumbuh dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Begitu pula dengan para surveior yang akan terus berkontribusi bagi peningkatan mutu dan keselamatan pasien, menjadikan pelayanan kesehatan di Indonesia semakin baik dari hari ke hari, tutur dan harapan dari salah satu peserta dan juga FIHFAA dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Ns. Salma, S.Kep. M.Kep., FIHFAA, FiSQua.

Selamat Ulang Tahun LAFKI yang ke-4 dan Sampai jumpa pada PIFKI 3 dan peringatan ulang tahun LAFKI ke-5 di Jawa Barat tahun 2025! Salam LAFKi, Akreditasi dengan Suka Cita.
Wallahu muwaffiq ilaa aqwamith tharieq.