Menarmed 2 Kostrad Bagikan Zakat Fitrah Kepada Kaum Dhuafa Wilayah Sekitar Kota Malang

Kostrad262 Dilihat

Malang – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Danmenarmed 2 Kostrad Letkol Arm Siswo Budiarto, S.I.P., M.M., M.I.Pol. melaksanakan penyaluran zakat fitrah bersama Takmir Masjid Baitul Muttaqin Menarmed 2 Kostrad yang diserahkan kepada kaum duafa wilayah kelurahan kesatrian yang dilaksanakan di Masjid Baitul Muttaqin Menarmed 2 Kostrad pada hari Senin (08/04/2024). Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Menarmed 2 Koorcab Divif 2 PG Kostrad Ny. Ani Siswo Budiarto juga Turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Penyaluran zakat fitrah ini disambut baik oleh warga Dhuafa disekitaran Menarmed 2 Kostrad . Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dengan mekanisme anggota Menarmed 2 Kostrad memberikan zakat fitrah kemudian diberikan kepada panitia zakat Masjid Baitul Muttaqin Menarmed 2 Kostrad, kemudian dari pengurus dikumpulkan dan di data siapa yang berhak untuk menerima zakat fitrah, setelah terkumpul dan tercatat, dana yang terkumpul kemudian diserahkan langsung oleh panitia zakat kepada warga yang bersangkutan. dengan metode menggunakan kupon yang telah kita bagikan sebelumnya untuk ditukarkan kepada pengurus zakat fitrah.

Dengan diadakannya zakat fitrah ini, disamping bertujuan meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan, kegiatan ini juga bercermin pada hadis Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang berbunyi : Dari Ibnu Abbas r.a., ia berkata, “Rasulullah SAW. telah mewajibkan zakat fitri sebagai pembersih (penyucian diri) untuk orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan keji, dan sebagai makanan untuk orang-orang miskin.” (HR. Abu Daud).

Dalam sambutannya Komandan Resimen Armed 2/PY/2 Kostrad Letkol Arm Siswo Budiarto, S.I.P., M.M., M.I.Pol. menyampaikan bahwa “kita sebagai umat beragama, wajib bersyukur atas anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang telah diberikan kepada kita semua. Sebagai sesama umat beragama, sudah sepantasnya kita saling berbagi dan merasakan. Bagi umat islam, setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Diwajibkan membayar zakat fitrah yang bertujuan untuk mensucikan diri dan menyempurnakan amal ibadah selama berpuasa” ujar beliau