“MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI” KADISKES KOLINLAMIL SIAP LAYANAN KESEHATAN

TNI AL395 Dilihat

Berita Kolinlamil TNI AL, 26 Februari 2024 ——- Dalam Lingkungan TNI, upacara bendera di minggu terakhir merupakan salah satu media yang memupuk dan meningkatkan rasa Nasionalisme, disiplin serta bangga menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Upacara bendera dapat pula dijadikan sebagai jam komandan dimana seorang pimpinan atau atasan akan menyampaikan berbagai informasi terkait kebijakan Pemimpin serta hal-hal yang menjadi penekanan yang harus dilaksanakan atau harus dijauhi. Demikian halnya dengan Kolinlamil yang secara rutin menggelar upacara penaikan bendera bertempat di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok. Jakarta Utara, Senin (26/2). Kali ini upacara penaikan bendera merah putih dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Komando Lintas Laut Militer Letkol Laut (K) dr Iwan Sutanto, M.Tr.Hanla,SpOT(K) Hand berkesempatan meminpin jalannya upacara bendera yang diikuti segenap gabungan Prajurit dan PNS.

Dalam kesempatan tersebut, Kadiskes Kolinlamil menyampaikan bahwa Prajurit wajib menjaga kesehatan untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit sebaik-baiknya. Kesehatan jasmani dan rohani adalah modal utama untuk dapat melaksanakan kedinasan sebagai prajurit TNI AL baik di kapal maupun di pendirat. Dimana upaya kesehatan meliputi “ Promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitif, Salah satu upaya yang perlu mendapatkan perhatian adalah preventif, sesuai dengan motto “mencegah lebih baik daripada mengobati” Ungkap Kadiskes Kolinlamil.

Lebih lanjut lagi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka preventif adalah urikkes yang dilakukan secara rutin tiap tahun sebagai anggota Kolinlamil. Dihimbau bagi seluruh prajurit Kolinlamil untuk melakukan Urikkes rutin sebagai sarana deteksi dini permasalahan kesehatan yang mungkin diidap oleh personel tersebut.

Selanjutnya untuk memastikan kesiapan tempur setiap prajurit, diharapkan agar prajurit senantiasa menjaga Kesehatan dengan melaksanakan tindakan pencegahan/ preventif seperti makan makanan sehat, olah raga rutin, dan memeriksakan kesehatan secara teratur. Jika ada keluhan kesehatan agar segera berkonsultasi dengan tenaga Kesehatan, supaya penyakit tidak semakin berat. Kesehatan yang terjaga adalah salah satu kunci penting dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan di jajaran TNI AL

Kadiskes Kolinlamil juga menyampaikan arahan dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j)., M.A., M.M.S., CHRMP bahwa setiap prajurit dan PNS Kolinlamil wajib mengikuti urikes agar masing-masing pribadi dapat mengetahui status kesehatannya. Bilamana ditemukan hal-hal perlu mendapatkan atensi dapat segera diaksi lanjut sehingga kemungkinan sakit atau penyakit yang dideteksi dapat segera diatasi sehingga tidak memperparah kondisi kesehatan prajurit maupun PNS Kolinlamil.” (Dispen Kolinlamil)

#tniprima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy