Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat, Kodam IX/Udayana Ikuti Acara Rapurna TMMD ke 43 TA 2022

Kodam Udayana832 Dilihat

OKEBUNG|
Kami ucapkan, terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi Kepada Bupati, Walikota yang telah mengalokasikan anggaran APBD untuk mendukung kegiatan program TMMD, juga kementerian/lembaga pemerintah non kementerian serta mitra TNI, termasuk teman-teman media cetak, elektronik dan online yang telah bersinergi dalam mendukung suksesnya pelaksanaan TMMD di wilayah.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., pada saat memimpin acara Rapurna TMMD ke-43 TA 2022, yang digelar secara terpusat di Masad, Jakarta, dan diikuti oleh jajaran TNI AD diseluruh Indonesia.

Acara Rapurna TMMD ke 43 TA. 2022 dengan tema, “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, yang dilaksanakan secara virtual yang diikuti Makodam IX/Udayana, dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana No. 1 Kota Denpasar, Bali, pada Kamis (24/11/2022).

Selanjutnya, Kasad menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengevaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan TMMD TA. 2022 adalah salah satu wujud Operasi Bhakti yang terintegrasi dan terpadu antar lintas sektoral guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah umum perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

“Kegiatan TMMD pada hakekatnya merupakan wujudnya dari penerapan budaya gotong royong dengan semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan untuk bersama-sama membangun daerah yang dilaksanakan melalui proses perencanaan dengan mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah”, ujar Kasad.

Kemudian, pelaksanaan TMMD TA. 2022 telah mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari peran aktif dan keterlibatan pada pengerjaan sasaran fisik maupun kegiatan non fisik. Dimana masyarakat turun ke lokasi bergotong-royong bersama-sama dengan TNI dalam menyelesaikan pekerjaan fisik dan juga Kepala Daerah dapat mensosialisasikan serta memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat.

“Semoga niat kita dapat terwujud dengan baik, akhirnya marilah kita bersama-sama memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga senantiasa memberikan bimbingan petunjuk dan perlindunganNya kepada kita dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai”, tutur Kasad.

Dalam kegiatan tersebut Kasdam didampingi Kasrem 163/WSA, Aster Kasdam IX/Udy, Wakapendam IX/Udy, Dandim 1619/Tabanan, Dandim 1617/Jembrana, Kasdim 1611/Badung, Kepala BPMD Dukcapil, Ketua DPRD Kab. Gianyar dan Kab. Jembrana, Kepala Bapeda Kab. Badung, Kab. Gianyar dan Kab. Jembrana, dan undangan lainnya, serta untuk jajaran Korem 161/WS dan Korem 162/WB digelar secara virtual di wilayah masing-masing. (Pendam IX/Udy).