Minimalisir Pelanggaran, Kendaraan Prajurit Yonarmed 11 Kostrad Mendadak Diperiksa

Kostrad26 Dilihat

OKEBUNG | Bagian Staf 1/Intel Yonarmed 11 Kostrad bersama provos melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kelengkapan surat-surat kendaraan yang digunakan prajurit Yonarmed 11 Kostrad, baik roda dua maupun roda empat.

Sidak yang dipimpin oleh Pasi Intel Yonarmed 11 Kostrad, Lettu Arm Haikal Ibnu Ashar, ST.Han ini digelar usai melaksanakan Upacara Bendera 17 di Lapangan Apel Yonarmed 11 Kostrad Jalan dr Khoesen Hirohoesodo Selatan, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah, Selasa (17/1/2023).

Danyonarmed 11 Kostrad, Letkol Arm Gde Adhy Surya Mahendra, S.I.Pem mengatakan pemeriksaan kendaraan prajurit dilakukan secara mendadak ini merupakan program rutin. Ini dilakukan untuk kedisiplinan prajurit sekaligus mengetahui kondisi dan kelengkapan kendaraan yang digunakan prajurit.

“Pemeriksaan kendaraan ini meliputi kesiapan operasional atau kondisi kendaraan, surat-surat kendaraan dan kelengkapannya, seperti spion, lampu utama, plat nomor, lampu sign, helm SNI serta surat-surat kendaraan lainnya,” ujar Letkol Arm Gde Adhy Surya Mahendra kepada media ini, Selasa, 17 Januari 2023.

Menurut Danyonarmed 11 Kostrad ini, apabila petugas pemeriksa mendapati kendaraan prajurit tidak layak baik dari fisik maupun administrasinya, maka akan dilakukan pendataan. Selain itu diminta pemilik untuk segera melengkapi kekurangan kendaraan tersebut.

Petugas Provos dan staf Intel Yonarmed 11 Kostrad memeriksa kelengkapan surat kendaraan anggota. (Ft. Penarmed11/MZ)

“Tapi pemeriksaan hari ini, hasilnya tidak ditemukan adanya pelanggaran, namun masih ditemukannya beberapa kekurangan kelengkapan kendaraan seperti ban yang sudah halus, lampu sign yang belum menyala maksimal. Sedangkan untuk kelengkapan surat-surat kendaraan secara keseluruhan sudah lengkap,” kata Danyonarmed 11 Kostrad.

Pemeriksaan kendaraan prajurit Yonarmed 11 Kostrad rutin dilakukan tak lain semata-mata untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas. Selain itu, kelengkapan kendaraan dan tertib berlalulintas merupakan cerminan sebagai seorang prajurit yang taat dengan peraturan pemerintah. (Muiz)