Miris! Kelompok Pelajar di Magelang Bukber Miras dan Hingga Rencanakan Tawuran

OKEBUNG | Hati siapa yang tak miris, mendengar kabat jika didapati sekelompok pelajar SMK melaksanakan buka bersama (bukber) sambil minum minuman keras (Miras). Ironisnya, mereka pasta Miras hingga merencanakan akan melakukan tawuran.

Hal itulah yang terungkap oleh pihak kepolisian dari Polresta Magelang, Polda Jateng di Kampung Ulu Resort kawasan Pabelan, Kecamatan Mungkid pada Jumat (29/3/2024).

Kapolresta Magelang melalui Kabagops Polresta Magelang Kompol Eko Mardiyanto menuturkan kronologi peristiwa kawanan pelajar salah satu SMK di daerah ini.

Menurut Kabagops, pada Jumat (29/3/2024) pukul 17.40 WIB hingga 19.30 WIB, telah berlangsung acara buka bersama (Bukber) kelompok pelajar dan alumni SMK Windusari Magelang.

“Lokasi acara di sebuah rumah makan Kampung Ulu Resto di wilayah Pabelan Mungkid, Kabupaten Magelang, dengan peserta sekitar 270 remaja. Mereka merupakan pelajar dan alumni yang berasal dari daerah Secang, Windusari, Grabag, Kota Magelang dan Temanggung dengan hiburan organ tunggal dari Magelang,” tutur Kompol Eko Mardiyanto.

Kabagops Polresta Magelang mengatakan, menurut pengakuan penanggung jawab acara berinisial IP, acara itu dilaksanakan secara mendadak. Dalam hal ini booking acara pada sore hari sebelum pelaksanaan kegiatan.

Kompol Eko Mardiyanto mengatakan, menindaklanjuti laporan masyarakat atas acara di Kampung Ulu Resort tersebut maka dilaksanakan tindakan Kepolisian oleh anggota Polresta Magelang dan Polsek Mungkid. Hal itu guna mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas dan mencegah tindak pidana tawuran, perkelahian dan kenakalan remaja

“Petugas kemudian menyambangi lokasi, kemudian melaksanakan penertiban dan pemeriksaan pada saat peserta akan membubarkan diri. Dan ternyata bukber tersebut hanya sebagai kedok untuk ajang pesta miras dan merencanakan tawuran,” lanjutnya.

Dalam penertiban itu, petugas mendapati lima pemuda yang pesta miras yaitu S (23) asal Grabag, W (23) Grabag, WS (23) Grabag, R (18) Windusari, dan BA (20) Grabag. Petugas juga mengamankan barang bukti berupa 1 botol Kawa-Kawa, 1 botol Ciu dalam botol air mineral ukuran besar dan 1 botol miras merk Joker.

“Petugas juga mengamankan empat kendaraan bermotor berknalpot brong. Untuk pelaku dan barang bukti Miras serta kendaraan dengan knalpot brong diamankan di Polresta Magelang,” jelas Kompol Eko Mardiyanto.

Disebutkan bahwa setelah bukber dengan hiburan organ tunggal, para peserta acara itu merencanakan hendak tawuran dengan kelompok pelajar SMK Muhammadiyah 1 Bandongan.

“Tawuran sudah terjadi berulang-ulang di wilayah hukum Polresta Magelang. Untuk itu, Polresta Magelang tidak akan mentolerir segala bentuk tindak kejahatan termasuk tawuran,” tegas Kompol Eko Mardiyanto. (Hms/Muhiz)