Modernisasi Museum, Kado Indah Kasad di Ulang Tahun ke 65 Akmil

Dispenad21 Dilihat

OKEBUNG | Bertepatan di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Akademi Militer (Akmil) yang jatuh pada tanggal 11 November 2022, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman meresmikan Modernisasi Museum Taruna Abdul Djalil Akmil di Magelang. Peresmian museum oleh orang nomor satu di TNI AD ini menjadi kado terindah di HUT Akademi Militer yang terletak di Lembah Tidar Magelang tersebut. Jumat, (11/11/2022).

Terwujudnya modernisasi Museum Abdul Djalil Akmil melalui perubahan sistem manajemen pengelolaan museum dari sistem manual ke sistem digital yang memadukan perspektif konservasi dan preservasi dengan aspek edukasi ini, tidak terlepas dari ide dan gagasan yang luar biasa dari Jenderal Dudung saat menjabat sebagai Gubernur Akmil.

“Ini merupakan salah satu cita-cita dan keinginan saya saat menjabat sebagai Gubernur Akmil,” ujar Kasad.

Kasad berharap dengan modernisasi ini dapat mengangkat citra yang ingin ditampilkan dari keberadaan Museum Taruna Abdul Djalil Akmil yaitu menyenangkan, nyaman, bersih serta menjadi tempat informasi tentang koleksi yang dipamerkan sehingga dapat memberikan wawasan kepada pengunjung serta menjadi wahana pembelajaran kecintaan terhadap bangsa dan menunjang operasional pendidikan di Akmil sebagai Center of Excelent.


“Semoga ini menjadi wujud penghargaan dan penghormatan terbaik kita untuk pengabdian dan perjuangan para pendahulu, serta kepada almamater tercinta,” ucapnya.

Usai peresmian yang ditandai dengan penekanan tombol dan penandatangan prasasti oleh Kasad serta penguntingan pita oleh Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Rahma Dudung Abdurachman itu, Kasad didampingi Gubernur Akmil, Kadisjarahad, Kadisinfolahtad serta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana dan para undangan lainnya melaksanakan peninjauan fasilitas dan menyaksikan simulasi sistem manajemen pengelolaan Museum Taruna Abdul Djalil Akmil.

Dalam kesempatan ini, Kasad juga melakukan penandatanganan prasasti peresmian hasil renovasi empat sarana prasarana lainnya di Akmil yaitu Lintasan Atletik Sintetis Sapta Marga, Paviliun Taruna, Flat Taruna dan Gereja Santo Mikael Pancaarga. (Dispenad)