Mudahkan Layanan, Polres Magelang Kota Sulap Sepeda Motor Jadi Ambulance

OKEBUNG | Subsatgas Dokkes Polres Magelang Kota, Polda Jateng, memberikan pelayanan kesehatan yang optimal di tengah padatnya aktivitas operasi pengamanan dan arus mudik. Melalui pelayanan inovatif telah diluncurkan sepeda motor menjadi protagonis baru dalam upaya memberikan bantuan medis cepat kepada para petugas dan pemudik.

Pemeriksaan kesehatan (Rikkes) rutin dilakukan kepada para petugas yang bertugas di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Operasi Ketupat Candi 2024. Namun, tak hanya itu, bantuan medis juga diarahkan kepada pemudik dengan mengandalkan sepeda motor sebagai ‘ambulance’ untuk menghindari kemacetan di jalan.

Menurut Kapolres Magelang Kota, langkah ini merupakan bagian dari komitmen mereka untuk memastikan kondisi kesehatan para petugas yang terlibat dalam operasi pengamanan. Selain itu, dengan mobilitas yang cepat dan kemampuan untuk menembus keramaian lalu lintas, sepeda motor ambulance diharapkan dapat merespon keadaan darurat dengan lebih efektif.

“Kami tidak hanya fokus pada pemeriksaan kesehatan petugas, tapi juga siap memberikan bantuan medis kepada pemudik dan personel pengamanan menggunakan sepeda motor ambulance,” tutup AKBP Herlina.

Langkah ini dipandang sebagai solusi efektif dalam menangani keadaan darurat di jalan raya, mengingat sepeda motor memiliki kemampuan untuk menjangkau lokasi yang sulit diakses oleh kendaraan darat lainnya. Harapannya, dengan penggunaan sepeda motor ambulance ini, pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan dan respons terhadap keadaan darurat dapat menjadi lebih optimal.

Dokkes Polres Magelang Kota berharap inisiatif ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan menjadi contoh inspiratif bagi instansi lain dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan di tengah tantangan dan kebutuhan yang terus berkembang. (Muz)