Mudik Gratis Dengan Kapal Perang, Danlantamal V Sambut Kedatangan KRI BAC- 593

TNI AL963 Dilihat

SURABAYA|
TNI Angkatan Laut (AL) menyelenggarakan mudik gratis melalui jalur laut dengan menggunakan satu kapal perang, KRI Banda Aceh-593 dengan tujuan Semarang dan Surabaya. Minggu (07/04/2024)

Mudik gratis ini diberangkatkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., pada hari Jumat. 05 April 2024 dari Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara dengan mengangkut jumlah pemudik sebanyak 1026 orang dan 276 unit sepeda motor.

KRI BAC-593 yang membawa peserta mudik tersebut telah tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari Sabtu, 06 April 2024.

Pada hari ini Minggu, 07 April 2024 telah sampai di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya dan di sambut oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S.H., M.Han.

Danlantamal V mengatakan, gelaran mudik gratis itu merupakan upaya dari TNI AL dalam berpartisipasi membantu masyarakat yang hendak pulang kampung jelang Lebaran Idul Fitri.

“Program mudik gratis naik kapal perang ini ditujukan bagi masyarakat yang belum memiliki tiket mudik,” ungkap Danlantamal V.

Lebih lanjut Danlantamal V menyampaikan kegiatan ini juga untuk membantu keamanan. Mengingat, perjalanan dari Jakarta ke Surabaya jika ditempuh pemudik menggunakan sepeda motor akan mengalami kelelahan, sehingga membahayakan para pemudik.

“Karena bila mudik menggunakan kendaraan sepeda motor tingkat kecelakaan yang disebabkan kelelahan sering terjadi, oleh karena itu diharapkan mudik gratis menggunakan KRI ini jauh lebih aman dan nyaman,” pungkas Danlantamal V.

Selepas meninjau para pemudik, kegiatan dilanjutkan dengan seremonial pelepasan oleh Danlantamal V kepada peserta mudik yang hendak melanjutkan perjalanan ke kampung halaman.