Operasi Naga Hijau, Satgas Pamtas Yonkav 6/Naga Karimata Laksanakan Penghijauan di Tapal Batas NKRI

Manusasi, NTT – Dalam mendukung pelaksanaan Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon se-Dunia yang jatuh pada tanggal 10 Januari 2023. Kegiatan yang biasa juga disebut One Million Tree Planting Day tersebut, Satgas Pamtas Yonkav 6/Naga Karimata melaksanakan Operasi Naga Hijau yang dipusatkan di Desa Manusasi Kabupaten Timor Tengah Utara.

Dengan menggunakan logo satuan Naga yang berwarna hijau melambangkan bahwa Satgas Yonkav 6/Naga Karimata akan terus berkomitmen untuk menjaga alam dengan melaksanakan penghijauan bersama seluruh masyarakat di tapal batas negara.

Menurut Dansatgas Pamtas Yonkav 6/Naga Karimata Mayor Kav Ronald Tampubolon, S.H. Rabu, 10 Januari 2024, penanaman pohon ini juga melibatkan Perangkat desa Manusasi, personel Pos Pamtas Manusasi, Pos Pamtas jajaran SSK II dan juga personel Mako Satgas. Adapun total pohon ditanam berjumlah 1000 pohon.

Menanam pohon katanya, dapat menjadi salah satu solusi. Karena, bisa menjadi area resapan yang baik. Lahirnya gerakan Hari Satu Juta Pohon Sedunia memiliki tujuan untuk menjaga kelestarian pohon yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. ”Selain untuk pencegahan banjir, keberadaan pohon juga ibarat paru-paru bumi. Karena, dapat menyerap berbagai macam polutan dan menjadikan udara lebih bersih,” jelasnya.

“Terimakasih kepada Satgas Yonkav 6 yang sudah berinisiatif melaksanakan penghijauan di daerah kami, program ini sangat membantu daerah manusasi dalam pencegahan bencana alam dan tetap meningkatkan kualitas keasrian alam” Pungkas ibu Kepala Desa Manusasi. (Yonkav 6/NK)