Paguyuban Macapat Peringati Hari Pahlawan Di Kinanthi Scout Riders Coffe

Headline39 Dilihat

Paguyuban Macapat Peringati Hari Pahlawan Di Kinanthi Scout Riders Coffe

Sidoarjo, (11/11)

10 Komunitas Paguyuban Macapat yang berada di Sidoarjo, Mojokerto dan sekitarnya pekan ini menggelar Acara Budaya Tirakatan yang dilaksanakan di Kinanthi Scout Riders Coffe Griya Samudera Asri Blok B6 No.5 Sidoarjo dihadiri Narasumber KMT. Projosuwasono Penghageng Sekolah Macapat Kridhamardawa Karaton Yogyakarta Hadiningrat.

Ketua Panitia Gelar Budaya Tirakatan Kolonel Laut (P) Ari Krisdiyanto, M.Tr.Hanla yang kesehariannya selaku Komandan Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira Kodiklatal ini, sengaja mendesain kegiatan ini untuk pembinaan kepada kaum millennial masa kini yang kebanyakan sudah melupakan budaya yang kita miliki, saatnya menumbuh kembangkan budaya luhur bangsa kita, siapa lagi kalau bukan kita, generasi muda yang memulai, disamping itu ajang ini juga sebagai tempat pembinaan Bela Negara kepada Anggota Paguyuban Macapat Sidoarjo agar semakin memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa ini dalam mengawal tegaknya NKRI.

Ke-10 Paguyuban tersebut antara lain Paguyuban Macapat Mardika Laras Surabaya Sidoarjo, Paguyuban Macapat Sekar Palupi Bangah Sidoarjo, Paguyuban Macapat Wijaya Kusuma Mojokerto Kota, Paguyuban Macapat Padhepokan Sela Kambang Gresik, Paguyuban Macapat Tirta Kahuripan Pandaan, Paguyuban Macapat Jenggala Manik Sidoarjo, Pasinaon Macapat Pangudi Laras Sidoarjo, Paguyuban Macapat Sekar Kawedhar Sidoarjo, Sisbi Jenggolo Krian Sidoarjo dan Paguyuban RRR serta mendapat dukungan dari Dikbud Kabupaten Sidoarjo

Melalui Kegiatan Budaya Macapatan dan Tirakatan pada tahun ini yang diselenggarakan menjelang Hari Pahlawan, kita mengambil tema : “Bela Negara Melalui Budaya”. Dengan harapan generasi muda yang hadir dalam Budaya Tirakatan kali ini akan menjadi motor penggerak di lingkungan masyarakat masing-masing, sehingga budaya yang baik ini kedepan akan tumbuh subur berkembang ke daerah-daerah lain, di Jawa Timur tidak hanya di Sidoarjo dan Mojokerto.

Hal ini sejalan dengan apa yang di sampaikan oleh narasumber KMT. Projosuwasono Penghageng Sekolah Macapat Kridhamardawa Karaton Yogyakarta Hadiningratdimana yang di damping oleh Mas Penewu Dirjo Parsono, V. Sri Sugiarti, Siwi Suharjanti dan Effendy Hirnoto kepada sekitar 120 peserta yang hadir bahwa Budaya Paguyuban yang diselenggarakan di kota Udang sebagai workshop pengenalan dan pelatihan Macapat Cengkok Kridhamardawa Karaton Yogyakarta Hadiningrat dengan peserta penggiat Macapat Sidoarjo. Harapannya adalah Forum ini sebagai pengembangan budaya akan mampu perkuat jati diri bangsa berupa sikap Nyawiji / persatuan, Greget/ selalu semangat, sengguh/ memiliki harga diri, ora mingkuh/ tidak lari dari tugas dan tanggung jawab(dar) .