Panen Jagung, Dandim Temanggung : “Hasilnya Untuk Bantu Anak Stunting”

OKEBUNG | Diawali dengan ngopi bareng di rumah dinasnya, Dandim 0706/Temanggung Letkol Inf Denver MH Napu bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Temanggung beserta para perwira melaksanakan panen jagung milik TNI AD di Asrama Kodim Seroyo Madureso Temanggung, Kamis (24/11/2022).

Menurut Dandim Temanggung, lokasi penahanan jagung adalah lahan kosong milik TNI AD dan merupakan program dari Satuan Komando Atas yaitu KASAD. Melalui program ketahanan pangan ini, lanjut Dandim, satuan komando teritorial diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan penyelenggaraan pembinaan ketahanan pangan.


“Kegiatan ini kita laksanakan, setelah Bapak KASAD pasca covid-19, ekonomi masyarakat agak lesu dan dihadapkan dengan situasi global Ukraina dan Rusia yang masih perang, sehingga masalah ketahanan pangan menjadi permasalahan. Alasan inilah, Bapak Kasad minta satuan dijajaran memaksimalkan untuk melaksanakan kegiatan ketahanan pangan,” ujar Dandim Temanggung. 

Dikatakannya, jenis tanaman jagung yang pihaknya tanam yakni Detaseling benih R7 raja. Jenis ini merupakan pakan untuk ternak. Dan inilah salah satu dipersembahkan untuk masyarakat. 


Masih menurut Dandim, dari hasil panen jagung pihak pengelola akan mengambil biaya operasional pengolahan. Selebihnya, hasilnya akan distribusikan untuk anak stunting di wilayah Kabupaten Temanggung sehingga masalah stunting cepat menurun. 

Di tempat yang sama, Bupati Temanggung HM AL Khadziq menambahkan, Kabupaten Temanggung merupakan lumbung pangan yang banyak menghasilkan padi, sayur-mayur dan kopi. Adapaun masalah pertanian yang dihadapi adalah bibit dan teknologi. 

“Kita sudah menerapkan gerakan tani pekarangan, melalui berbagai media tanam yang sudah dimulai sejak 2019 dan diharapkan bisa meringankan beban masyarakat,” sebut Bupati Temanggung. (Reko/Muiz)