Pangdam III/Slw Dampingi Panglima TNI, Kapolri, Menhub dan Menko PMK Cek Arus Balik di KM 70 Cikampek

Bandung – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., mendampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., Menhub RI Dr. (H.C). Ir. Budi Karya Sumadi dan Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., melaksanakan kunjungan ke Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70, Senin (15/04/2024).

Kunjungan Kerja ke Kantor Jasa Marga Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70 dalam rangka untuk meninjau langsung perkembangan Arus Balik Lebaran 1445 H/2024 M.

Pangdam III/Slw dan Kapolda menyambut kedatangan rombongan yang selesai melaksanakan peninjauan dari udara pelaksanaan arus balik di sepanjang tol Cipali.

Pada kesempatan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pelaksanaan arus balik Mudik 2024 berjalan dengan baik dan telah sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Semua pihak terus bersinergi dalam mendukung kelancaran arus balik balik.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, bahwa mudik dan balik sebagaimana tradisi yang ada selama ini harus kita amankan. Berdasarkan hasil survei bapak Menhub yang mana Tahun 2024 ini terjadi peningkatan. Mau tak mau kita harus bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada, baik dari Perhubungan, Jasa Marga, Jasa Raharja, TNI, Polri, Kemenko PMK dan rekan-rekan yang lain. Kita lihat semuanya bekerja dengan optimal,” jelas Kapolri.

Menurut Kapolri, dari hasil pantauan dan laporan yang diterima, hingga hari ini pelaksanaan arus balik meskipun sangat tinggi dapat di kelola dengan baik.

“Dilaporkan Jasa Marga bahwa hari ini, H+2 dan H+3 dari sisi pengelolaan yang ada, jumlah yang balik termonitor bisa terurai dengan adanya keputusan WFH,” ujar Jenderal Sigit.

Lebih lanjut Kapolri juga menjelaskan tentang langkah dan strategi yang telah disiapkan untuk mengurai kepadatan, diantaranya dengan menyiapkan jalur arteri apabila terjadi kepadatan di jalan tol.

“Mohon masyarakat bisa memaklumi itu. Kami lakukan agar baik yang akan melaksanakan arus balik maupun kegiatan wisata semuanya bisa terlayani,” tutur Kapolri. (Pendam III/Siliwangi).