Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Presiden Jokowi Jalan Santai di Solo

OKEBUNG | Sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) pengamanan VVIP terkait kunjungan RI 1 ke Jawa Tengah, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam menghadiri peringatan Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdlatul ulama (NU) di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/1/2023).

Diketahui sebanyak 3.700 personel gabungan terlibat dalam pengamanan Harlah yang dikemas dalam kegiatan jalan sehat tersebut. Personel gabungan berasal dari jajaran Polri dan Kodam IV/Diponegoro.

Ada ribuan peserta jalan sehat bersama Jokowi yang hadir dan mengikuti kegiatan. Rute jalan sehat yang dilewati yakni dari Pura Mangkunegaran, ke barat melewati Jalan Ronggowarsito dan Jalan dr.Sutomo hingga Jalan Slamet Riyadi.

Kemudian, berjalan ke timur di Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Diponegoro, hingga akhirnya berada di kawasan Depan Pasar Triwindu.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Bambang Hermanto, SIP mengungkapkan sejumlah langkah yang dilaksanakan oleh Kodam IV/Diponegoro, diantaranya berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pengamanan kegiatan.

Presiden Jokowi jalan santai di Solo dalam rangka Harla 1 abad NU. (Ft. Pendam4/Muz)

Juga mengatur titik fokus pengamanan, hingga persiapan sepanjang rute jalur yang akan dilewati Presiden Jokowi dan rombongan.

“Aparat yang terlibat dalam pengamanan baik dari unsur TNI maupun Polri sudah disiapkan sebelumnya. Ini pun sudah dilakukan gelar pasukan, kemudian pengecekan rute hingga tempat dilaksanakannya acara,” ungkap Kapendam.

Turut hadir dalam kegiatan Harlah satu abad NU antara lain Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju sera Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf. (*)

(Pendam IV/Dip)