PANGDAM JAYA IKUTI SEMINAR PENGUATAN KOLABORASI PENCEGAHAN KEJAHATAN JALANAN

Kodam Jaya532 Dilihat

OKEBUNG|
BPMJ Polda Metro Jaya. Ditbinmas Polda Metro Jaya menggelar acara seminar mengenai Penguatan Kolaborasi Pencegahan Kejahatan Jalanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Kamis (17/11/2022).

Meningkatnya angka kriminalitas kejahatan jalanan seperti aksi pembegalan dan perampasan di jalan bahkan disertai penganiayaan terhadap korban. Hal itu menjadi satu agenda pembahasan dalam seminar penguatan kolaborasi kejahatan jalanan yang diselenggarakan Ditbinmas Polda Metro Jaya.

Seminar hukum ini diikuti Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto. Kolaborasi penguatan pencegahan kejahatan jalanan tersebut sangat penting karena wilayah hukum Kodam Jaya seimbang dengan Polda Metro Jaya, mencakup keamanan masyarakat Jakarta dan wilayah sekitarnya.

Dalam seminar ini dihadirkan keynote speaker Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Mohammad Fadil Imran dan narasumber Dr. Kisnu Widagso, S.Sos. menjelaskan terkait penjelasan hukum dan upaya pencegahan kejahatan jalanan yang semakin marak dibicarakan masyarakat.

Sebelumnya juga dipaparkan tentang aplikasi ada polisi untuk menerima laporan dari masyarakat, pemaparan dari balai pemasyarakatan kelas I wilayah Jakarta Barat, komisi perlindungan anak Indonesia, pemaparan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Terkait penguatan kolaborasi pencegahan kejahatan jalanan, Pangdam Jaya sampaikan Kodam Jaya siap bekerjasama membantu kepolisian demi mewujudkan terciptanya kenyamanan dan keamanan masyarakat di wilayah Ibukota.

Seminar yang digelar sehari ini, bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan aparat penegak hukum terkait upaya-upaya pencegahan kejahatan jalanan. Perlu adanya kepastian hukum yang lebih jelas lagi bagi pelaku kejahatan jalanan yang terdeteksi rata-rata mereka masih anak dibawah umur.

Pangdam Jaya memberikan tanggapannya bahwa seminar hukum terkait pencegahan kejahatan jalanan menambah wawasan dan pengetahuan bagi aparat TNI Polri, Pemerintah daerah serta lembaga penegak hukum lainnya. Pada seminar ini Pangdam Jaya didampingi Aster Kasdam Jaya.

Inti dari seminar ini disepakati kolaborasi upaya pencegahan kejahatan jalanan di wilayah DKI Jakarta dengan ditandatangani oleh Kapolda metro Jaya, Pangdam Jaya, pejabat Gubernur DKI Jakarta dan pejabat terkait lainnya.

(sumber: Pendam Jaya)